Jumat 24 Dec 2021 09:47 WIB

Ini Penampakan KUA Biringkanaya Makassar Setelah Direvitalisasi

Peningkatan kualitas KUA Biringkanaya dilakukan baik fisik maupun layanan

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar menjadi satu di antara 106 KUA yang direvitalisasi Kementerian Agama di tahun 2021. Setelah direvitalisasi, layanan publik di KUA ini disebut makin berkualitas.
Foto: Kemenag
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar menjadi satu di antara 106 KUA yang direvitalisasi Kementerian Agama di tahun 2021. Setelah direvitalisasi, layanan publik di KUA ini disebut makin berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar menjadi satu di antara 106 KUA yang direvitalisasi Kementerian Agama di tahun 2021. Setelah direvitalisasi, layanan publik di KUA ini disebut makin berkualitas. 

"Alhamdulillah fasilitas semakin lengkap dan pelayanan kepada masyarakat juga semakin meningkat. Kita terus berupaya untuk berbenah, meski itu adalah hal yang kecil, kita upayakan benahi jika memang perlu dibenahi," kata Kepala KUA Biringkanaya, Subhan ketika ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (23/12). 

Baca Juga

Peningkatan kualitas KUA Biringkanaya tampak sangat terasa, baik secara fisik maupun layanan, mulai dari hadirnya front office di lobi gedung, ruang balai nikah dan manasik haji, ruang konsultasi, hingga ruang penghulu dan Penyuluh Agama Islam. 

Selain itu, tersedia halaman parkir yang luas, jalur khusus disabilitas, hingga kamar mandi bagi pengunjung yang representatif membuat layanan KUA Biringkanaya semakin prima, sebagaimana tujuan dari program revitalisasi KUA. 

"Kami sangat merasakan perubahan KUA Biringkanaya dari yang belum direvitalisasi dan sekarang yang sudah direvitalisasi. Perubahannya sangat signifikan," ujar Subhan.

Ia menambahkan, sebagai KUA Model, selain peningkatan fisik, ada sejumlah kriteria lain yang harus dipenuhi, di antaranya adalah digitalisasi layanan. Subhan mengaku, KUA yang dipimpinnya sudah menerapkan pelayanan berbasis digital. 

Beberapa layanan yang disajikan kepada masyarakat di antaranya, pencarian data pernikahan berdasarkan tanggal pernikahan. "Masyarakat bisa secara mandiri mengakses informasi ini pada monitor besar yang tersedia di KUA, tepatnya di bagian front office," ujarnya. 

KUA Biringkanaya juga menerima pendaftaran nikah melalui online yaitu pasangan calon pengantin mengunjungi laman Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) di simkah.kemenag.go.id. 

"Kami menerima juga pasangan calon pengantin yang mau mendaftar nikah lewat online. Tapi memang di Makassar, khususnya di Biringkanaya ini mayoritas memilih datang langsung ke KUA," tuturnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement