Senin 27 Dec 2021 19:31 WIB

Kementerian BUMN Konsolidasikan Klaster Kesehatan

Erick Thohir memastikan Indofarma akan fokus dalam pengembangan industri herbal.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan saat ini sedang mengkonsolidasikan klaster kesehatan BUMN
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri BUMN Erick Thohir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan saat ini sedang mengkonsolidasikan klaster kesehatan BUMN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan saat ini sedang mengkonsolidasikan klaster kesehatan BUMN. Erick mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari pembentukan ekosistem demi memperkuat ketahanan dan kemandirian kesehatan. 

“Kita tahu ekosistem ini menjadi kunci. Kalau kita berdiri sendiri-sendiri, akhirnya tentu kita tidak punya kekuatan yang terpadu untuk menahan gelombang yang terjadi ke depannya,” kata Erick dalam pernyataan tertulisnya, Senin (27/12). 

 

Saat ini, Kementerian BUMN juga telah berhasil menggabungkan Bio Farma sebagai perusahaan induk atau holding company. Holding tersebut  membawahi Kimia Farma, Indofarma, dan sejumlah rumah sakit yang berada di bawah Indonesia Healthcare Corporation (IHC). 

 

Selain itu, secara bisnis Bio Farma juga diharapkan mampu membuka peluang baru. Khususnya peluang baru dalam industri kesehatan seperti industri vaksinasi. 

 

“Karena itu kita coba sekarang bekerja sama dengan berbagai pihak apakah merupakan vaksin mRNA atau protein rekombinan yang hari ini memang masih terus kita jajaki,” tutur Erick. 

 

Terkait vaksinasi, Erick menjelaskan pada 13 Desember 2021 telah dimulai uji klinis vaksin produksi Bio Farma. Dengan dimulainya uji klinis tersebut, Erick berharap tahun depan Indonesia mampu memproduksi vaksin secara mandiri. 

 

“Tentu kita harapkan dengan uji klinis ini kesatu lalu kedua dan ketiga, kita juga bisa menekan impor vaksin di tahun depan. Kita siap memproduksi 77 juta dosis untuk langkah awal yang bisa mulai insyaallah di bulan Juli,” ungkap Erick. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement