Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aghnia Abadiah Rasid

Memaknai Peran Penting Bahasa sebagai Bahasa Al-Qur'an

Agama | Monday, 27 Dec 2021, 12:57 WIB

Halo guys, Apa kalian tahu? kalau Bahasa Arab di Dunia Pendidikan Indonesia itu sangat penting sekali. Nah guys sebelum kita masuk dari inti pembahasan artikel ini, perlu kita ketahui bahwasanya Sudah patut kita sebagai umat muslim mengetahui secara mendalam apa itu Bahasa Arab? Seperti yang sudah kita ketahui, Bahasa Arab itu adalah bahasa Al-Qur’an, yang dimana kitabnya umat muslim. Menurut penulis, tanpa adanya bahasa kita menjadi sulit untuk mengungkapkan ide pokok pikiran kita masing masing.

Kali ini materi yang akan saya sampaikan adalah Peranan penting Bahasa Arab di Dunia Pendidikan Indonesia dan bagaimana sih cara mengembangkannya? Cara mengembangkannya yaitu dengan cara kita sering mempraktekan bicara bahasa arab. Bahasa arab juga sering disebut sebagai bahasa Islam karena bahasa arab sendiri adalah bahasa pengantar Al-Quran yaitu kitab suci umat islam. Di area internasional, bahasa arab bukanlah salah satu bahasa yang wajib dikuasai, beda halnya dengan bahasa inggris yang termasuk bahasa pengantar segala sesuatu di area internasional. Apalagi dalam dunia pendidikan, bahasa inggris adalah bahasa wajib atau pelajaran wajib yang ada di setiap sekolah, baik tingkat SD, SMP, SMA. Meskipun bahasa arab bukanlah salah satu bahasa wajib di area internasional tetapi bahasa arabpun berperan penting di dunia Pendidikan khusunya Pendidikan islBh

Bahasa Arab, bahasa Al-Qur'an. Foto: Pixabay.

Bahasa arab adalah bahasa yang sering digunakan oleh kaum Jazirah Arabiyah. Bahasa Arab juga merupakan bahasa semitik atau disebut juga Bahasa kuno dan modern Bahasa Arab juga merupakan bahasa umat islam karena Kitab Al-Qur’an yaitu Kitab suci umat islam menggunakan Bahasa Arab. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surah Az-Zukhruf:3

اِنَّا لْنٰهُ اٰنًا ا لَّعَلَّكُمْ لُوْنَۚ

Artinya: sesungguhnya kami telah menjadikan Al-Qur’an dalam bahasa arab, supaya kalian bisa memahaminya.

Bahasa Arab memiliki peran dalam pendidikan islam, karena sumber-sumber ajaran islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist menggunakan Bahasa Arab. Oleh karena itu umat islam, para ilmuan sangatlah penting untuk mempelajari, menguasai, dan dapat memahami bahasa arab dengan baik, karena perlu penguasaan dalam pemahaman bahasa arab secara komprehensif agar tidak menimbulkan pemahaman yang salah. Umar bin Khattab berkata “Pelajarilah Bahasa Arab, sesungguhnya ia bagian dari agama kalian”. Berikut sebab-sebab perannya bahasa arab di dunia pendidikan islam yaitu:

a. Sumber ajaran islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist menggunakan Bahasa Arab.

b. Kitab-kitab ulama yang menjadi rujukan pembelajaran ditulis dengan Bahasa Arab.

c. Kajian islam akan menjadi berbobot dan berkualitas jika merujuk dari kitab-kitab ulama yang ditulis dalam bahasa arab.

d. Menipisnya sarjana muslim di Indonesia yang mengkaji ilmu agama dalam bahasa arab.

Bahasa Arab telah Allah jadikan sebagai Bahasa wahyu atau Bahasa Al-Qur’an. Bahasa Arabpun dijadikan bahasa komunikasi antara manusia dan Sang Pencipta melalui peribadatan, seperti shalat, dzikir, do’a, membaca Al-Qur’an, karena bacaan didalamnya menggunakan bahasa arab. Dalam Pendidikan islam bahasa arab sangat penting, karena bahasa arab adalah salah satu bahasa internasional baik dalam pendidikan islam maupun non islam.

Nah guys, penulis mau kasih tahu nih kalau Pendidikan Islam Tanpa Bahasa Arab. Sumber ajaran agama islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Sumber tersebut ditulis menggunakan Bahasa Arab. Dalam Pendidikan baik itu Pendidikan agama maupun non agama dan apabila mengacu pada kitab-kitab Bahasa Arab maka penting sekali peran untuk menguasainya. Disebutkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam terjemahan Zahir ibn Muhammad ibnu Ya’qub “Cintailah Bahasa Arab karena tiga yaitu karena aku berbahasa Arab, Al-Qur’an berbahasa Arab dan kalam ahlu al-jannah (penghuni surga) adalah bahasa arab.” Untuk memahami sumber ajaran islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist, maka haruslah Bahasa Arab dikuasai untuk dapat mehamaminya.

Tetapi, meskipun Bahasa Arab sudah dikuasai, Al-Qur’an bukanlah suatu kitab yang dapat diartikan begitu saja, karena salah satu mukjizat Al-Qur’an yaitu dalam tata kebahasaannya, sampai di dalam Al-Qur’an-pun Allah menentang orang-orang kafir untuk dapat membuat satu surah saja seperti Al-Qur’an, tetapi tidak dari mereka yang bisa melakukannya. Oleh karena itu, umat islam harus mempelajari Bahasa Arab untuk menghindari kesalahpahaman tentang Al-Quran dan Hadist Rasul. Karena pada zaman sekarang ini banyak hadist palsu yang bermunculan dan juga seseorang yang membaca sebuah kitab tanpa mengetahui ilmu Bahasa Arab. Jadi, Pendidikan islam tanpa bahasa arab mustahil sekali. Karena untuk mempelajari sumber pokok ajaran islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist perlu menguasai Bahasa Arab untuk dapat memahaminya.

Nah guys, Jadi udah tau kan bagaimana cara memaknai peran penting bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Qur'an?. Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita mempelajari ilmu ilmu Bahasa Arab dengan cara mempraktikkan atau latihan berbicara Bahasa Arab. dan menurut saya Bahasa Arab adalah bahasa tertua sekaligus bahasa agama islam. Sumber utama ajaran islam terdapat pada Al-Qur’an dan Hadist. Sumber utama tersebut menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, bahasa arab bisa disebut bahasa yang istimewa karena melalui bahasa ini komunikasi antara tuhan dan makhluk-Nya yang diperantarai dengan Al-Qur’an. Untuk mempelajari sumber utama islam, maka Bahasa Arab adalah salah satu syarat untuk bisa memahaminya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image