Selasa 28 Dec 2021 16:22 WIB

Penghormatan Rasulullah SAW kepada Makkah

Makkah merupakan kota kelahiran Rasulullah SAW.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Penghormatan Rasulullah SAW kepada Makkah. Makkah dan Kabah tempo dulu. Ilustrasi
Foto: Istimewa
Penghormatan Rasulullah SAW kepada Makkah. Makkah dan Kabah tempo dulu. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Makkah kota paling suci bagi umat Islam. Makkah merupakan kota kelahiran dan tempat tinggal Nabi Muhammad SAW hingga beliau berumur 53 tahun.

Dalam Alquran, Makkah disebut Bakkah yang berasal dari kata 'bakka' yang artinya membuat orang menangis. "Ini karena orang yang mengunjungi Makkah untuk berhaji biasanya meneteskan air mata," tulis O Hasim dalam bukunya Berhaji Mengikuti Jalur para Nabi.

Baca Juga

Makkah Al-Mukarramah yang berarti Makkah yang Agung dibangun kembali oleh Qushay, kakek Nabi Muhammad SAW, seperti Romulus membangun Kota Roma. Nabi Muhammad adalah anak Abdullah anak Abdul Muthalib anak Hasyim anak 'Abdi Manaf anak Qushay. Qushay juga adalah organisator kota yang mengatur berbagai tugas, misalnya yang memegang kunci pintu Ka'bah (hijabah).

"Ada dinas logistik yang mengatur penyediaan air (siqayah)," katanya.

 

Dalam perjalanan haji, paman Rasul, Abbas bin Abdul Muththalib bertugas mengatur penyediaan air. Nanti di Mina, 'Abbas minta izin Rasul SAW kembali ke Makkah untuk menjalankan tugas logistik ini dan Rasulullah mengizinkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement