Jumat 04 Feb 2022 11:21 WIB

3 Cendekiawan Muslim Pakar Herbal

Cukup banyak cendekiawan muslim pada zaman klasik menjadi pakar botani.

Foto: republika
Cendekiawan muslim pakar herbal.

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Cendekiawan Muslim Pakar Herbal

Peradaban Islam berperan besar memunculkan botani, sebagaimana yang kini dikenal dunia modern.

Cukup banyak ilmuwan Muslim pada zaman klasik menjadi pakar botani. Karya-karya mereka tersebar luas dan beberapa di antaranya dapat dibaca sampai saat ini.  Para cendekiawan Muslim itu adalah sebagai berikut:

 

>Ad-Dinawari

Abu Hanifah Ahmad bin Dawud Dinawari (828-896). Dia pakar di segala bidang. Dunia modern lebih mengenal namanya dalam lingkup ilmu botani. Karyanya, //Kitab an-Nabat,// menjadi rujukan utama dalam perkembangan ilmu botani di abad ke-9.

>Al-Qalanisi

Ilmuwan abad ke-12 ini menulis buku //Aqrabadhin// yang membahas tentang kehidupan tanaman. Al-Qalanisi membahas tentang pengaruh cuaca terhadap pertumbuhan sayur mayur. Dia juga memaparkan persoalan pengembangbiakan tanaman melalui intervensi manusia. 

>Ibn as-Suri

Pria bernama lengkap Rasyiduddin bin al-Suri ini lahir di Tyre Libanon pada 1177.  Pada masa kekuasaan Sultan al-Mu'azzam dan Sultan an-Nashir, dia menjadi kepala dokter istana. Dia wafat di Damaskus pada 1242. Karya-karyanya antara lain Al-Adwiya al- Mufrada, yang di dalamnya dia memaparkan persoalan obat-obatan, termasuk khasiat herbal.

Penulis: Ratna Ajeng Tejomukti

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement