Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dhevy Hakim

Terapkan 5M Saat Libur Tahun Baru

Wisata | Thursday, 30 Dec 2021, 18:45 WIB

Terapkan 5M Saat Libur Tahun Baru
Seperti biasanya libur natal dan tahun baru berbarengan dengan masa liburan akhir semester. Liburan anak-anak sekolah memang tinggal beberapa hari saja dan sebentar lagi tahun 2022 segera tiba.

Mengenai libur sekolah menjelang libur nataru, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 32 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dalam Rangka Pencegahan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan aturan terbaru mengenai penyelenggaraan pembelajaran dan libur sekolah menjelang libur Nataru. (14/12)

SE tersebut selain mengatur mengenai liburan sekolah yakni dikembalikan kepada daerah masing-masing dengan catatan tidak boleh menambah waktu liburan di tahun baru 2022. Dalam ketentuan SE Nomor 30 juga dihimbau selama liburan untuk memanfaatkan program vaksinasi bagi tenaga pendidik, anak-anak yang sudah memenuhi persyaratan, dan tidak lupa mematuhi prokes 5 M dan 3 T.

Ya, mengingat akhir-akhir ini ramai pemberitaan munculnya varian baru Omnicon maka seharusnya selama liburan orang tua disipilin prokes 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak). Tentu saja disiplin prokes 5M harus mendapatkan dukungan dari pemerintah. Seperti penertiban masker, memfasilitasi tempat cuci tangan di area umum, koordinasi dengan berbagai pihak penyelenggara tempat pariwisata dengan pembatasan jumlah pengunjung.

Dibutuhkan kesadaran dari berbagai pihak untuk mengakhiri pandemi covid-19. Jika tidak ada kesadaran, maka melandainya kasus harian bisa saja melonjak kembali. Mirisnya, akan berdampak pada semuanya, bukan hanya satu pihak yang abai terhadap prokes. Mengingat anak-anak usia 0-12 tahun belum divaksin, seyogyanya orang tua lebih bijak jika mengajak anak-anak ke luar rumah.

Tahun 2022, ibarat membuka lembaran baru. Semoga pandemi berlalu. Aaamiin.

Dhevy Hakim

[email protected]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image