Jumat 31 Dec 2021 08:22 WIB

Dukung Penguatan UMKM, LPDB-KUMKM Dorong Pembiayaan Syariah pada 2022

Kerjasama ini sudah terjalin sejak 2019.

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) melakukan peresemian kerjasama dengan Askrindo Syariah.
Foto: Dok. Ask
Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) melakukan peresemian kerjasama dengan Askrindo Syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) mendorong adanya pembiayaan syariah di tahun 2022. Untuk menunjang hal itu, Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, pihaknya melakukan kerja sama dengan Askrindo Syariah.

"Kerjasama ini sudah terjalin sejak 2019. LPDB-KUMKM sebagai satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya menyalurkan dana bergulir kepada koperasi di seluruh Indonesia, dengan ini kami perlu dukungan dari semua pihak termasuk dari Lembaga penjaminan," kata Supomo, Kamis (30/12).

Menurut Supomo, dalam pembiayaan kepada koperasi melalui LPDB-KUKM, peranan lembaga penjaminan menjadi sangat penting bagi koperasi dalam mengakses dana bergulir kepada LPDB-KUMKM. Itu karena dengan adanya Lembaga penjaminan, maka jika ada koperasi yang kekurangan nilai jaminan dapat terbantu dengan Lembaga penjaminan, termasuk melalui Askrindo Syariah.

"Kerja sama LPDB-KUMKM dengan Askrindo Syariah sudah terjalin sejak tahun 2019, tercatat sepanjang 2021 LPDB-KUMKM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp1,64 triliun atau sebesar 102,6 persen dari target yang dicanangkan," kata Supomo.

"Untuk penyaluran dengan pola syariah ditahun 2021 sebesar 828 miliar rupiah, lebih besar sedikit dibanding penyaluran dengan pola konvensional. Ini patut kita syukuri karena memang market di pembiayaan syariah lebih sedikit dibanding dengan pola konvensional," paparnya menambahkan.

Direktur Utama Askrindo Syariah Soegiharto mengatakan, pihaknya sebagai lembaga penjaminan pada tahun 2022 mendatang bisa terus bekerja sama dan berkolaborasi dalam mendukung pembiayaan kepada koperasi.

"Kami berharap di tahun 2022 LPDB-KUMKM dan Askrindo Syariah dapat terus produktif dan meningkatkan target pencapaian produksi yang lebih baik lagi sehingga kita dapat terus memberikan kontribusi untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia, khususnya di masa pandemi yang belum kunjung usai," kata Soegiharto.

Soegiharto juga berharap, kerja sama yang terjalin antara LPDB-KUMKM dengan Askrindo Syariah dapat terus bersinergi dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

"Mari sama-sama kita berdoa semoga Indonesia dapat segera bangkit dari keterpurukan dan kita semua dapat melalui ujian di masa pandemi ini dengan terus maju dan sukses bersama-sama," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement