Sabtu 01 Jan 2022 15:31 WIB

Pesan Putra Kiai Zainuddin MZ di Pengujung Akhir Tahun

Putra Kiai Zainuddin MZ mengajak umat maksimalkan amal saleh

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Putra Kiai Zainuddin MZ mengajak umat maksimalkan amal saleh di pengujung akhir tahun. Ilustrasi tahun baru
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Putra Kiai Zainuddin MZ mengajak umat maksimalkan amal saleh di pengujung akhir tahun. Ilustrasi tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Putra sulung almarhum KH Zainuddin MZ, KH Fikri Haikal MZ menyampaikan pesan kepada umat Islam di pengujung akhir 2021. Dia berpesan, agar umat Islam terus melakukan muhasabah dalam kehidupannya di dunia ini. 

Kiai Fikri mengatakan, manusia pasti memiliki kesalahan. Tapi, kata dia, persoalannya manusia yang baik bukan yang tidak pernah berbuat salah, melainkan yang setiap waktu selaku bermuhasabah, instrospeksi diri, melakukan perbaikan-perbaikan, menyesal, dan bertaubat kepada Allah SWT.   

Baca Juga

"Lalu tidak mengulangi kesalahan-kesalahannya di waktu yang akan datang. Itulah sebaik-baik manusia," ujar Kiai Fikri dalam acara Qur'anic Rewind 2021 "Kilas Balik dan Doa Bersama" yang digelar Aplikasi Umma pada Jumat (31/12) malam.  

Menurut dia, manusia memang tak akan luput dari kesalahan dan dosa. Namun, kata dia, ajaran agama juga menganjurkan kepada umat Islam untuk segera melakukan instrospeksi dan melakukan pertobatan kepada Allah SWT. 

 

Kiai Fikri menjelaskan, di sepanjang 2021 mungkin masyarakat Indonesia telah banyak melakukan dosa dan berbagai kesalahan. Menurut dia, mungkin juga semua salah dan dosa itu telah mengundang murka Allah SWT.  

"Lalu kemudian Allah berikan kepada kita orang-orang beriman sebuah ujian, dengan berbagai macam musibah, bencana dan berbagai macam tragedi," ucap dia.  

Dengan ujian bencana tersebut, menurut Kiai Fikri, Allah SWT ingin menguji orang-orang yang beriman. Jika umat Islam lulus dari ujian tersebut, kata dia, maka umat Islam akan mendapatkan nilai yang bagus dan imannya pun akan semakin meningat.  

Kemudian, lanjut dia, umat Islam yang mampu menghadapi ujian tersebut juga akan mendapatkan tempat yang terbaik. "Kalau kita diuji, lalu lulus dan nilai kita bagus dan iman kita makin meningkat, Allah SWT sudah menyiapkan sebuah tempat yang di dalam Alquran disebut maqomam mahmuda, tempat yang sebaik-baiknya," kata Kiai Fikri. 

Maka, dia pun berpesan kepada umat Islam untuk mencanangkan niat yang kuat untuk mengisi 2022 dengan nilai-nilai kebaikan. "Canangkan niat yang kuat, azamkan hati dengan mantap mengisi 2022 yang akan datang dengan melakukan nilai-nilai kebaikan," jelas Kiai Fikri.     

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement