Syuraih Al-Qadhi, Sosok Hakim yang Adil

Ahad , 02 Jan 2022, 20:38 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Syuraih bin Al-Qadhi lahir pada tahun 42 sebelum hijrah, biasa dipanggil Abu Umayyah, dan termasuk ulama besar. Syuraih adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang terkenal sebagai hakim di masa awal Islam.

 

Terkait

Saat menjadi hakim, Syuraih pernah memenangkan suatu kaum dalam perkara yang berselisih dengan anaknya sendiri. Syuraih diminta anaknya itu untuk memutuskan suatu perkara yang sedang diperselisihkan.

Baca Juga

"Jika saya yang terbukti benar, maka saya tidak akan mengajukan mereka ke meja hijau. Sedangkan jika saya terbukti bersalah, maka saya tidak akan mengajukan perkara ini ke pengadilan," demikian perkataan anak Syuraih, dikutip dari 'Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah' karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi.

Setelah itu anaknya menyampaikan duduk perkaranya kepada Syuraih. Lalu Syuraih berkata, "Pergi dan temuilah mereka dan ajukanlah perkaramu ini ke pengadilan."

Namun nyatanya Syuraih ketika di pengadilan memutuskan bahwa anaknya bersalah. Setibanya di rumah, anak Syuraih berkata, "Kalau saja saya tidak meminta saran dari ayah, maka saya tidak akan menghadapi masalah seperti ini."