Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Wukirsari Siap Menjadi Kampung Pramuka

Gaya Hidup | Sunday, 02 Jan 2022, 22:02 WIB

Bantul DIY – Kwarcab Bantul merasa senang, Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri menyatakan kesiapannya menjadi Kampung Pramuka. Kesiapan itu tak sebatas kata namun memang didukung dengan potensi yang dimiliki. Wukirsari sudah pernah dirintis sebagai Gugus Depan Teritorial, memiliki aneka obyek wisata, memiliki beberapa pusat kerajinan seperti batik, tatah sungging, kerajinan keris, ada embung, ada makam raja-raja, serta makam seniman.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kwarcab Bantul, Hj.Emi Masruroh, S.Pd saat memberi sambutan dalam sosialisasi Kampung Pramuka di aula Kalurahan Wukirsari, Selasa (28/12/2021).

Dihadapan perwakilan tim Kwarda XII DIY, Panewu Imogiri Slamet Santosa,S.IP Ka Kwaran Imogiri Joko Prasetyo,M.Pd Lurah Wukirsari Susilo Hapsoro,SE, Ketua Tim Penggerak PKK Wukirsari, Istiyani, SE, salahsatu tokoh masyrarakat Sutrisno, M.Pd dan jajaran pamong, Emi yakin program tersebut berhasil dengan catatan ada sinergi berbagi pihak baik Kwarda XII DIY, Pemkab Bantul, Kwaran, Kalurahan Wukirsari , Pamong dan warganya.

Dengan adanya Kampung Pramuka, akan lebih mendekatkan kegiatan Pramuka dengan masyarakat dengan cara melakukan atau menerapkan kegiatan gerakan pramuka sebagai wujud pangejawantahan dari Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma.

“Kegiatan ini juga memiliki tujuan menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan dengan melaksanakan praktek langsung pada masyarakat dan untuk mendukung mengembangkan minat bakat anggota pramuka sesuai bidangnya. Kampung Pramuka diharapkan bisa sebagai alternatif mengganti Bumi Perkemahan ketika Gugus Depan akan menyelenggarakan kegiatan perkemahan untuk peserta didiknya,” tandas Emi.

Sekretaris Kwarcab Bantul Drs.H.Sudadi,MM menjelaskan, Kmapung Pramuka merupakan kampung yang menerapkan penjabaran Tri Satya dan Dasa Darma Gerakan Pramuka dalam aktivitas sehari hari. Bisa juga dimaknai juga sebagai tempat latihan dan mengembangkan pendidikan keramukaan berbasis masyarakat dengan segala aktifitas yang ada di lokasi Kampung Pramuka, atau bisa juga diartikan sebagai Bumi Perkemahan dan tempat melakukan pendalaman materi Ketrampilan Kepramukaan dengan menerapkan Krida-Krida dari berbagai Satuan Karya, sebagai tempat belajar dan praktek langsung kegiatan berbasis seni budaya, kerajinan, wisata alam, home industri dan tempat –tempat bersejarah.

Kampung Pramuka dimaksudkan sebagai lokasi/tempat yang digunakan oleh anggota pramuka dalam mengimplementasikan pendidikan/ pelatihan yang diperoleh di Kampung Pramuka Wukirsari kedalam tatanan kehidupan sehari-hari yang berkarakter, bersinergi dan bermasyarakat. Nantinya pramuka dapat berpartisipasi aktif mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berbudaya secara mandiri.

Panewu Imogiri, Lurah Wukirsari beserta jajarannya siap mendukung program tersebut, dan akan mengikuti Langkah yang diambil agar program tersebut terlaksana dengan sukses.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image