Senin 03 Jan 2022 20:14 WIB

Petugas Keamanan Irak Ditahan Terkait Kematian 20 Warga Sipil

Pembunuhan warga sipil memicu kemarahan di seluruh Irak

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Pasukan keamanan Irak, ilustrasi
Foto: AP/Khalid Mohammed
Pasukan keamanan Irak, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Pasukan Irak menahan sejumlah petugas keamanan sehubungan dengan kematian 20 warga sipil di Irak tengah, Ahad (2/1) waktu setempat. Warga sipil tersebut tewas dalam operasi keamanan untuk menangkap dua tersangka militan di desa Al-Rashayed di provinsi Babel pada Kamis pekan lalu.

Pembunuhan tersebut telah memicu kemarahan di seluruh Irak. Insiden itu memaksa pemerintah untuk meluncurkan penyelidikan.

Baca Juga

Baca: Negara-Negara Eropa Dikepung Kasus Covid-19 Omicron

Pejabat keamanan yang tidak menyebutkan identitasnya mengatakan, beberapa personel keamanan, termasuk petugas ditangkap terkait dengan operasi fatal tersebut. Namun, dia tidak memberikan angka pasti.

"Penyelidikan menunjukkan bahwa inti masalahnya adalah perselisihan keluarga antara kepala keluarga dan salah satu menantunya," kata pejabat itu seperti dikutip laman Middle East Monitor, Senin (3/1).

Baca: India Gencar Vaksinasi Remaja demi Antisipasi Covid-19 Omicron

Dia beralasan, menantu yang berprofesi sebagai polisi itu memberikan informasi palsu bahwa mertuanya menyembunyikan dua teroris di rumahnya. "Pasukan keamanan berusaha menangkap korban, tetapi dia menolak untuk menyerah, yang menyebabkan baku tembak," kata pejabat keamanan itu.

Baca: UEA Larang Warga Belum Vaksinasi Pergi ke Luar Negeri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement