Selasa 04 Jan 2022 14:12 WIB

Wajah Muslim di Pemerintahan Kota Hamtramck

Kota Hamtramck melantik wali kota muslim pertama dan dewan kota muslim

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
 Kota Hamtramck, Amerika Serikat melantik wali kota muslim pertama dan dewan kota muslim
Foto: About Islam
Kota Hamtramck, Amerika Serikat melantik wali kota muslim pertama dan dewan kota muslim

IHRAM.CO.ID, HAMTRAMCK--Masyarakat di Kota Hamtramck, Amerika Serikat menyambut Tahun Baru 2022 dengan perayaan bersejarah dengan melantik Wali Kota dari kalangan Muslim pertama. Pelantikan juga dilakukan dengan melantik Dewan Kota yang semuanya Muslim, Ahad (2/1/2022).

"Hamtramck terus menjadi contoh impian Amerika, besar dan kecil," kata mantan Wali Kota Karen Majewski saat upacara pengambilan sumpah pemimpin kota baru dilansir dari About Islam, Senin (3/1).

Amer Ghalib, seorang pekerja perawatan kesehatan berusia 42 tahun membuat sejarah dalam pemilihan November. Dia menjadi Wali Kota non-Polandia pertama di kota itu dalam 100 tahun. Ghalib dilantik bersama tiga anggota Dewan Kota yang baru terpilih, Adam Albarmaki, Amanda Jaczkowski, dan Khalil Refai, yang juga Muslim.

"Apa yang bisa lebih Amerika daripada memiliki penduduk kami, keluarga imigran kami, terjun ke politik lokal," Kathleen Angerer, manajer kota Hamtramck, mengatakan selama upacara hari Ahad.

“Hari ini, kita menyaksikan realitas mimpi Amerika.  Kami adalah saksi kesempatan hidup di negara di mana setiap orang dapat mencapai impian mereka," tambahnya.

Upacara hari Ahad juga merupakan perayaan beragam latar belakang Hamtramck.  Dimulai dengan penampilan oleh Anamika Roy, artis rekaman dari Bangladesh, sementara Majewski memperkenalkan pemimpin baru kota itu dalam berbagai bahasa. Lagu kebangsaan juga dinyanyikan oleh Maria Saad, 14 tahun, seorang mahasiswa Yaman-Amerika dari Dearborn.

Dalam sambutannya, walikota baru kota itu tidak fokus pada sejarah yang dibuat, melainkan pada apa yang dia harapkan di masa depan.

“Sudah waktunya untuk fokus pada masalah yang dihadapi,” kata Ghalib.

“Saya harap Anda semua menjaga energi yang ditampilkan selama musim pemilu.  Jangan pernah takut untuk memanggil para pemimpin kami jika mereka tidak melayani kepentingan terbaik Anda,"tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement