Rabu 05 Jan 2022 17:40 WIB

Apa Saja Sih yang Google Tahu tentang Kita?

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah Google mengumpulkan terlalu banyak data.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Foto: AP
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah menyuarakan soal pendukung privasi selama bertahun-tahun atas jumlah data pribadi yang dilacak. Akan tetapi, tetap saja Google mengetahui informasi tentang Anda melalui layanan Google yang Anda gunakan.

Layanan tersebut seperti Google Chrome, Youtube, Google, Gmail, dan produk Google lain. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui data apa saja yang sudah dikumpulkan Google, dilansir Life Wire, Rabu (5/1):

Baca Juga

1.Anda dapat melihat gambaran umum informasi Google tentang Anda melalui pengaturan iklan mereka. Ini merupakan cara Google menargetkan iklan untuk Anda.

2.Anda juga dapat memeriksa riwayat aktivitas web Anda, termasuk situs web yang dikunjungi dan pencarian yang dilakukan.

3.Google memiliki halaman web untuk riwayat lokasi yang disimpan. Informasi ini biasanya lebih menyeluruh untuk pengguna Android daripada pengguna iPhone.

4.Anda dapat melihat riwayat tontonan YouTube dan riwayat penelusuran YouTube Anda.

5.Anda dapat meninjau aplikasi dan situs web mana yang menggunakan kredensial Google Anda untuk masuk atau mengakses informasi dari layanan Google Anda di izin akun Google Anda.

6.Terakhir, Anda dapat mengunduh paket data dengan semua yang disimpan Google di Anda. Cukup buka https://takeout.google.com/settings/takeout, pastikan setiap produk dihidupkan, klik tombol “Berikutnya” dan ikuti petunjuknya. Google akan mengirimkan email berisi tautan untuk mengunduh paket data Anda.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement