Kamis 06 Jan 2022 15:13 WIB

Gambaran Manusia Ketika akan Masuk Neraka

Allah SWT akan terlebih dulu memasukkan orang-orang yang memiliki dosa paling banyak

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

IHRAM.CO.ID, Orang-orang yang menyekutukan Allah Swt dan menumpuk-numpuk dosa ketika hidup di dunia maka kelal akan dibangkitkan bersama keburukannya itu dan digiring ke neraka dalam kondisi tubuh yang berlutut. Allah SWT berfirman:

فَوَرَبِّكَ لَنَحْشُرَنَّهُمْ وَالشَّيَاطِينَ ثُمَّ لَنُحْضِرَنَّهُمْ حَوْلَ جَهَنَّمَ جِثِيًّا

Demi Tuhanmu, sesungguhnya akan Kami bangkitkan mereka bersama syaitan, kemudian akan Kami datangkan mereka ke sekeliling Jahannam dengan berlutut (Alquran surat Maryam ayat 68).

Dalam kajian tafsir Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran (PSQ) yang juga disiarkan secara virtual pada Rabu (5/1) pakar tafsir Alquran yang juga anggota Lajnah Pentashih Mushaf Alquran Kementerian Agama, ustazah Lilik Ummi Kaltsum menjelaskan maksud lafadz lanahsyuronahum adalah Allah pasti akan mengumpulkan semua orang yang durhaka, orang-orang yang tidak menerima kewahyuan Nabi Muhammad Saw, yang menyekutukan Allah, di satu tempat yang sama.

Mereka semua akan dikumpulkan bersama was syayathin. Menurut ustazah Lilik lafadz was syayathin bukan berarti setan. Namun adalah segala bentuk kejelekan, keburukan, yang pernah dilakukan manusia ketika hidup.

"Alquran itu menyebut segala sesuatu yang buruk, atau mengajak pada kejelekan adalah setan. Termasuk juga nafsu kita, termasuk juga golongan yang tidak pada ketauhidan. Maka semuanya itu akan dikumpulkan," kata ustazah Lilik.

Ustazah Lilik menjelaskan setelah orang-orang yang menyekutukan Allah dan berbuat kedurhakaan di dunianya itu dikumpulkan semua, dan telah dihisab, maka mereka akan menuju neraka dalam keadaan berlutut disebabkan dosa-dosa yang dilakukan selama hidup di dunia. Sehingga mereka akan mendapatkan siksa di neraka jahanam.

Allah SWT akan terlebih dulu memasukkan orang-orang yang memiliki dosa paling banyak diantara orang-orang yang telah digiring ke neraka. Sebagaimana firman Allah:

ثُمَّ لَنَنْزِعَنَّ مِنْ كُلِّ شِيعَةٍ أَيُّهُمْ أَشَدُّ عَلَى الرَّحْمَٰنِ عِتِيًّا

Kemudian pasti akan Kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah (Alquran surat Maryam ayat 69).

Ustazah Lilik menjelaskan bahwa lafadz nanzi'an bermakna mencabut atau menarik. Maksudnya adalah orang-orang yang menyekutukan Allah, yang tidak mendustakan risalah Rasulullah, yang menumpuk-numpuk dosa, akan di bawa ke neraka. Setelah itu Allah memerintahkan para malaikatnya untuk menarik dengan sekuat-kuatnya orang-orang yang berdosa itu dimulai dari yang memiliki dosa paling besar. Mereka lah yang paling awal dimasukan ke dalam neraka.

Begitupun dengan kelompok atau golongan yang mendustakan risalah para nabi dan rasul maka yang pertama kali diceburkan ke dalam neraka adalah para tokoh pemimpinnya dan selanjutnya para pengikutnya. Termasuk juga golongan atau kelompok yang merusak ajaran Islam demi kepentinganya atau golonganya. Maka terlebih dulu Allah akan menceburkan pemainnya dan kemudian pengikutnya. Ustazah Lilik menjelaskan kelak para pengikut kelompok-kelompok seperti itu akan protes karena mereka merasa disesatkan oleh pemimpinnya, sehingga meminta agar pemimpinnya itu diazab dua kali lipat.

Allah berfirman:

ثُمَّ لَنَحْنُ أَعْلَمُ بِالَّذِينَ هُمْ أَوْلَىٰ بِهَا صِلِيًّا

Dan kemudian Kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka. (Alquran surat Maryam ayat 70).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement