Jumat 07 Jan 2022 01:15 WIB

Kisah keberanian Abdullah bin Zubair

Abdulllah bin Zubair dikenal sebagao sosok yang bernai sejak kecil.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Kisah keberanian Abdullah bin Zubair terjadi pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Dia dikenal sebagai sosok yang berani sejak kecil sehingga inilah yang membedakan dirinya dengan anak-anak sebayanya.

Dalam 'Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah' karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi, terbitan Pustaka Al-Kautsar, dijelaskan, suatu kali Abdullah sedang bermain bersama teman-teman sebayanya. Lalu ketika Umar bin Khattab datang, teman-teman sebayanya itu lari. Namun Abdullah tidak ikut berlari dan tetap diam di tempatnya.

Baca Juga

Lalu Umar bertanya, "Mengapa kamu tidak berlari bersama teman-temanmu?" Lantas Abdullah menjawab, "Aku tidak berbuat salah, mengapa aku harus lari. Lagi pula jalan di sini tidak terlalu sempit.

Karena itu aku mempersilakan Anda lewat." Mendengar jawaban tersebut, Umar merasa senang.

Abdullah bin Zubair biasa dipanggil Abu bakar. Nama panggilan ini sama dengan nama panggilan kakeknya, Abu Bakar Ash-Shiddiq. Abdullah lahir di Madinah tahun 1 Hijriah, dan menjadi anak pertama yang lahir di Madinah setelah hijrah Nabi Muhammad SAW.

Ia juga termasuk di antara empat serangkai yang dijuluki Al-Abadillah. Mereka adalah Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Amr, dan Abdullah bin Zubair.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement