Jumat 07 Jan 2022 12:11 WIB

Tiga Masjid Bersejarah akan Direvitalisasi

Tiga Masjid Bersejarah Akan Direvitalisasi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Masjid Bersejarah akan Direvitalisasi. Foto:  Masjid Selat Malaka di Malaysia. Salah satu masjid yang dianggap paling megah dan indah.
Foto: http://www.greenprophet.com
Tiga Masjid Bersejarah akan Direvitalisasi. Foto: Masjid Selat Malaka di Malaysia. Salah satu masjid yang dianggap paling megah dan indah.

IHRAM.CO.ID,MELAKA—Proyek revitalisasi tiga masjid bersejarah di Melaka, Malaysia akan segera dimulai, ketiganya mengalami kerusakan akibat banjir bandang yang baru-baru ini melanda wilayah itu. General Managernya Mohd Nasruddin Rahman mengatakan Masjid Lubok China, Masjid Brisu dan Masjid Datuk Machap di Alor Gajah termasuk di antara 56 masjid yang ditetapkan sebagai masjid warisan di bawah Undang-Undang Warisan Nasional 2005.

Di antara semuanya, Masjid Datuk Machap, yang dibangun pada tahun 1865, adalah yang paling terkena dampak, kata dia, menambahkan bahwa inspeksi menemukan kerusakan cukup serius yang di bagian atap masjid.

Baca Juga

“Permohonan sudah kami ajukan ke Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya dan insya Allah akan kami alokasikan untuk perbaikan masjid yang juga dikukuhkan dalam Undang-Undang Cagar Budaya Negeri Melaka,” katanya. 

Mohd Nasruddin mengatakan selain pekerjaan atap, saluran air di sekitar masjid juga akan diperbaiki dan diperbesar. Menurutnya, Melaka Museums Corporation (Perzim) juga akan memperbaiki dua masjid lainnya serta masjid lain yang terkena dampak melalui alokasi di bawah dana konservasi negara, berdasarkan prioritas.

“Kalau sangat parah seperti Masjid Lubok China dan Masjid Brisu yang diterjang banjir, alokasinya akan kami manfaatkan dengan baik. Namun berdasarkan pantauan kami, semuanya terkendali meski bangunan lama,”ujarnya.

Sumber

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2040947

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement