Sabtu 08 Jan 2022 05:21 WIB

Ekspansi Mongol dan Berakhirnya Zaman Keemasan Islam

Ekspansi Mongol pada tahun 1258 menandai berakhirnya zaman keemasan Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Bangsa Mongol.
Foto: google.co.id
Bangsa Mongol.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Pasukan Mongol pada 1258 di bawah komando Hulagu Khan menjarah ibu kota Islam Abbasiyah di Baghdad, kemudian bergerak ke barat untuk merebut ibu kota Ayyubiyah, Damaskus. Peristiwa ini menandai berakhirnya Zaman Keemasan Islam.

Itu juga merupakan awal dari berakhirnya Ekspansi Mongol, tetapi bangsa Mongol tidak menyadarinya sampai semuanya terlambat. Hulagu Khan sedang dalam misi untuk akhirnya menaklukkan negara-negara Muslim di Timur Tengah, yang telah membayar upeti kepada bangsa Mongol selama bertahun-tahun sebelum penjarahan Baghdad.

Baca Juga

Khan yang berkuasa, Möngke, menginginkan Khalifah untuk terus membayar upeti, tunduk pada pemerintahan langsung dari Karakorum, secara pribadi tunduk kepada Khan, dan menawarkan detasemen militer untuk penaklukan lebih lanjut.

Ketika Khalifah menolak tuntutan Mongol, Hulagu mengumpulkan pasukan besar-besaran, yang diperkirakan berjumlah sekitar 150.000 orang. Dia pertama kali menggiring mereka melalui Persia dan Afghanistan modern sebelum membalikkan mereka di Baghdad. Hulagu mengulangi tuntutan Mongol kepada Khalifah di Baghdad, yang menolak, percaya dunia Islam akan datang membantunya dalam mempertahankan kota.

 

Namun, Khalifah juga tidak melakukan apa pun untuk memperkuat kota atau memperkuat pertahanannya. Dia membiarkan Tentara Mongol mendekat tanpa lawan sebelum mengirim 20.000 orang keluar untuk dibantai. Dia juga mengabaikan untuk meminta bantuan dunia Islam, yang sedang mempersiapkan pertahanan mereka sendiri pada saat Mongol tiba di Baghdad.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement