Sabtu 08 Jan 2022 05:19 WIB

Rumah Zakat Gelar Pemeriksaan Kesehatan Lansia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara biologis lansia akan mengalami proses penuaan

Rumah Zakat menggelar pemeriksaan kesehatan lansia.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat menggelar pemeriksaan kesehatan lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara biologis lansia akan mengalami proses penuaan secara terus menerus yang ditandai dengan penurunan daya tahan fisik dan rentan terhadap serangan penyakit, diantaranya diabetes, darah tinggi, asam urat dan lainnya. 

Untuk mengetahui penyakit tersebut diperlukan pemeriksaan kesehatan karena dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan begitu, ada atau tidaknya risiko sebuah penyakit dapat segera diketahui dan tindakan pencegahan atau antisipasi sejak awal bisa segera dilakukan. 

Begitupun yang dilakukan Fitri selaku Fasilitator Rumah Zakat Cimahi dalam program Desa Ramah Lansianya. Didampingi oleh Eva sebagai perwakilan dari Puskesmas Padasuka, Fitri melaksanakan kegiatan Posbindu yang bertempat di rumah warga RW 4 kelurahan Padasuka.

Kegiatan ini disambut antusias oleh warga karena merupakan pertemuan pertama selama pandemi. 

Sebanyak 30 warga lansia dan pralansia hadir untuk memeriksakan kesehatannya, yang meliputi pengukuran indeks massa tubuh dan juga pengukuran tekanan darah beserta gula darah dan asam urat.

Dari pemeriksaan tersebut sebanyak 14 orang prehipertensi dan 2 orang hipertensi, sedangkan untuk pemeriksaan asam urat sebanyak 2 orang memiliki status asam urat tinggi. 

Tentunya ini menjadi perhatian agar segera memeriksakan kesehatannya ke puskesmas, dan juga perhatian bagi kader untuk memantau kondisi kesehatan warga yang masuk ke dalam kategori tersebut.

"Saya berharap ke depannya kegiatan ini bisa terus dilakukan, dan pandemi bisa semakin mereda, terima kasih Rumah Zakat atas supportnya," ucap IIis selaku ketua Posbindu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement