Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Alfi

KEISTEMAWAAN MEMBACA SURAH AL IKHLAS

Agama | Saturday, 08 Jan 2022, 16:43 WIB

Diriwayatkan bahwa jika Nabi Muhammad SAW, maka beliau membaca surah Al-Ikhlas dan Al-Muawwidzatain, kemudian meniupkannya kedua telapak tangannya dan mengusapkan keduanya eseluruh tubuhnya sebelum ia tidur. Membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 1.001 kali dalam satu majelis dengan mengawali setiap bacaannya dengan kalimat basmalah dan ia tidak memisahkan bacaannya dengan pembicaraan apapun, maka ia akan diberi kemenangan terhadap orang-orang yang memusuhinya.

Barangsiapa yang rajin membaca surah Al-Ikhlas, maka ia akan diberi perlindungan dari segala kejahatan di dunia dan akhirat. Jika ia membacanya ketika lapar atau ketika haus, maka rasa lapar dan hausnya akan hilang.

Perlu diketahui hendaknya seorang yang ingin memperbanyak bacaan surah Al-Ikhlas, maka ia harus yakin bahwa perbuatannya akan menghasilkan berbagai macam kebaikan, karena surah Al-Ikhlas termasuk puncak tauhid kepada Allah.

Diriwayatkan juga bahwa siapapun yang membaca surah Al-Ikhlas dengan 3 kali nafas, maka Allah berfirman: “Allah, para malaikat dan orang-orang berilmu telah bersaksi tentang keadilan”.

Syekh berkata: “Sesungguhnya alam rohani dapat mendatangi seorag ketika ia dalam tidur atau dalam keadaan ia terjatuh atau tidak tidur, semuanya akan disesuaikan menurut kesiapan mental orang tersebut. Adakalanya alam rohani datang sebagai cahaya yang murni, adapula yang datang di alam bentuk kilat dan sangat cepat. Adapula yang datang berbentuk kilat seperti cahaya dalam cermin. Adapula yang berbentuk suatu cahaya dimalam bulan purnama dalam bentuk apapun. Ada yang berbentuk burung berwarna hijau atau putih, tetapi wajah mereka berbentuk wajah manusia. Mereka menyajak pelakunya berbicara dalam berbagai bahasa, adapula diantara mereka yang datang kepada pelakunya dengan membawa minuman.kemudian minuman itu diberikan kepada pelakunya, sehingga pelakunya dapat melihat sesuatu yang misteri, sehingga ia melihat bendanya dengan jelas dan sangat luar biasa. Tetapi perllu diketahui bahwa minuman itu akan membakar pelakunya. Karena itu ia harus memperbanyak shalaway kepada Nabi untuk menolak panasnya minuman tersebut, karena pelakunya sering membaca surah Al-Ikhlas setiap hari 1.000 kali atau lebih. (Asraar Riyadah)

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Sesunnguhnya Allah akan memberi keistimewaan bagi hamba-hambaNya tertentu, yaitu akan memberinya minuman. Jika ia mengkonsumsi minuman itu, maka ia lupa ingatannya dan ia akan menjadi orang baik. Jika mereka telah menjadi orang baik, maka mereka akan fana sehingga mereka tidak mengenal diri mereka sendiri”.

Dalam hadist yang lain disebutkan bahwa Nabi Muhammada SAW berkata: “Sesungguhnya Allah akan memberi minuman bagi orang-orang yang yang dicintaiNya. Siapapun yang telah diberi minuman oleh-Nya, maka mereka akan menari dan berdiri, jika ia berdiri maka ia akan tidak sadar tentang dirinya.”

Disebutkan bahwa seorang penguasa kota Bashrah bermimpim melihat Tsabit Al Bunani, ia melihatnya sedang terbang bersama malaikat, maka ia bertanya kepada Tsabit Al- Bunani: “Dengan amalan apa anda dapat mencapai kedudukan seperti ini? Jawab Tsabit: “Aku mendapat kedudukan seperti ini dengan bersabar, bersyukur dan memperbanyak bacaan surat Al-Ikhlas.”

#terjemah kitab washoya

#nasihat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image