Selasa 11 Jan 2022 12:16 WIB

Harta dan Anak, Ujian Sekaligus Anugerah dari Allah

Maka jangan berlebihan mencintai harta dan anak.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Harta dan Anak, Ujian Sekaligus Anugerah dari Allah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Harta dan Anak, Ujian Sekaligus Anugerah dari Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menerangkan harta dan anak-anak adalah titipan dan anugerah dari Allah sebagai ujian untuk Muslim. Maka jangan berlebihan mencintai harta dan anak sehingga ingkar kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Sebagai anugerah, harta dan anak harus menjadi sebab seorang Muslim semakin dekat dengan Allah SWT. Sebagai ujian, jangan sampai harta dan anak menjauhkan seorang Muslim dari Allah SWT karena cinta dan takut yang berlebihan kepada selain Allah SWT.

Baca Juga

Hal ini dijelaskan dalam Surat Al-Anfal Ayat 28 dan tafsirnya.

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَآ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ ࣖ

Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar. (QS Al-Anfal: 28)

Dalam Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan Allah memperingatkan kaum Muslimin agar mereka mengetahui bahwa harta dan anak-anak mereka adalah cobaan. Maksudnya adalah Allah menganugerahkan harta benda dan anak-anak kepada kaum Muslimin sebagai ujian bagi mereka.

Jadi, apakah harta dan anak-anak banyak itu menambah ketakwaan kepada Allah, mensyukuri nikmat-Nya serta melaksanakan hak dan kewajiban seperti yang telah ditentukan Allah. Apabila seorang Muslim diberi harta kekayaan oleh Allah, kemudian ia bersyukur atas kekayaan itu dengan membelanjakannya menurut ketentuan-ketentuan Allah berarti memenuhi kewajiban-kewajiban yang telah ditentukan Allah terhadap mereka.

 

 

Tetapi apabila dengan kekayaan yang mereka peroleh kemudian mereka bertambah tamak dan berusaha menambah kekayaannya dengan jalan yang tidak halal serta enggan menafkahkan hartanya, berarti orang yang demikian ini adalah orang yang mengingkari nikmat Allah. Dalam kehidupan manusia di masyarakat, harta benda adalah merupakan kebanggaan dalam kehidupan dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement