Rabu 12 Jan 2022 08:16 WIB

BI Dukung Transaksi Nontunai di Pasar Manado

Peningkatan transaksi uang elektronik di Sulawesi Utara sekarang ini, meningkat.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Bank Indonesia. BI mendukung transaksi nontunai di pasar tradisional di Manado.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Bank Indonesia. BI mendukung transaksi nontunai di pasar tradisional di Manado.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Utara mendukung pasar tradisional di Kota Manado menggunakan transaksi nontunai.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Selasa (11/1/2022), mengatakan, aktivitas ekonomi di pasar menjadi salah satu upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi di Sulut. "Perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara sudah menunjukkan perbaikan, apalagi pada kuartal IV 2021, kemungkinan besar menurut data BPS lumayan besar pertumbuhannya dan hal ini merupakan berita bagus bagi dunia usaha," kata Arbonas.

Baca Juga

Dia mengatakan, di mana ada pertumbuhan di tempat itu ada kesempatan bersaing yang lebih besar. Pertumbuhan transaksi perdagangan barang dan jasa melalui sistem elektronik di Indonesia, berimplikasi pada pembayaran digital yang mengalami peningkatan.

Hal itu seiring dengan penetrasi teknologi yang pesat dan besarnya jumlah penduduk sebagai konsumen potensial, termasuk di Kota Manado. Penggunaan instrumen pembayaran nontunai di Indonesia pada beberapa waktu belakangan ini, katanya, menunjukkan perkembangan yang pesat.

Ha itu merupakan respons terhadap tuntutan dan kebutuhan terhadap layanan, transaksi yang lebih cepat, mudah, murah, aman, dan andal. Peningkatan transaksi uang elektronik di Provinsi Sulawesi Utara sekarang ini, meningkat cukup drastis sehingga secara pasar masih cukup potensial untuk dikembangkan, termasuk mengembangkan transaksi digital di masyarakat.

Pihak BI, katanya, menyambut baik keinginan semangat PD Pasar Manado untuk mewujudkan pemerintahan yang baik menuju pasar yang tumbuh secara digital dan mandiri. "Dengan kerja sama ini diharapkan membantu masyarakat untuk kebutuhan transaksi yang lebih cepat, mudah, murah, dan andal," kata Arbonas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement