Rabu 12 Jan 2022 12:13 WIB

Cara Pakai Trackpad Tersembunyi iPhone dan iPad

Trackpad tersembunyi ada dalam keyboard iOS Anda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel dan tablet Apple dipenuhi dengan fitur yang kurang dikenal tetapi sangat berguna. Salah satunya adalah trackpad tersembunyi yang ada dalam keyboard iOS Anda. Biasanya, saat Anda menulis pesan teks panjang atau email, Anda menggunakan jari Anda untuk menggerakkan kursor dan kembali ke area teks yang ingin Anda hapus, tulis ulang, atau edit.

Namun, jika Anda merasa sulit untuk menggerakkan kursor dengan jari Anda, iOS menawarkan opsi lain, yaitu mengakses trackpad tersembunyi di keyboard. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk memindahkan kursor dan mengedit teks di iPhone atau iPad.

Baca Juga

Berikut cara membuka kunci trackpad iOS yang tersembunyi, seperti dilansir Cnet Rabu (12/1):

1. Di mana pun Anda menulis blok teks, tekan dan tahan jari Anda pada tombol spasi di keyboard hingga keyboard menjadi kosong. Anda akan merasakan sedikit umpan balik haptic dan melihat kursor membesar sesaat. Ini berarti sekarang Anda dapat menggunakan keyboard sebagai trackpad.

2. Dengan jari Anda masih ditekan, gerakkan di sekitar keyboard untuk memindahkan kursor Anda seperti yang Anda lakukan pada trackpad Mac Anda.

3. Untuk menempatkan kursor, cukup angkat jari Anda dari layar. Kemudian Anda dapat menggunakan salah satu tombol lain, seperti hapus untuk mengedit teks. Jika Anda ingin memindahkan kursor sekali lagi, tekan jari Anda ke bawah pada tombol spasi untuk membuka trackpad tersembunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement