Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Cara Menghadapi Ujian dari Allah

Eduaksi | Wednesday, 12 Jan 2022, 15:31 WIB

Dalam menjalani hidup, Allah memberikan cobaan kepada manusia untuk menguji keimanan seseorang. Berbagai macam kegagalan dan kekalahan sangat dekat dengan kehidupan kita.

Ujian-ujian tersebut adalah sebagai latihan bagi manusia untuk lebih ikhlas dalam menjalani takdir yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala tetapkan.

Dikutip dari beberapa sumber ada beberapa cara lapang dada agar bisa menghadapi ujian dari Allah, diantaranya:

1. Mengingat Allah

Ketika mengingat Allah, sebagai seorang hamba akan dilapangkan dadanya bahkan lebih lapang dari dunia dan seluruh yang ada didalamnya.

2. Berdzikir

Hati yang berdzikir akan seolah ada nutrisi yang memberikan kehidupan ke seluruh tubuh, hingga akan terasa sangat ringan.

3. Ridha dengan Qadha dan Qadar

Obat yang paling manjur ketika mengalami musibah adalah dengan ikhlas menerima ketetapan yang Allah berikan.

4. Beramal Shalih

Berbuat baik bisa menerangi wajah seseorang dan merupakan sinar di dalam hatinya. Insya Allah kebaikan itu juga bisa melapangkan rezeki seseorang serta membuatnya dicintai.

5. Meninggalkan Maksiat

Maksiat yang terus menerus dilakukan bisa saja menjadi sumber dari ujian yang Allah berikan, maka sebagai umat muslim haruslah menjauhi maksiat.

6. Menerima atau Puas dengan Pemberian Allah

Apabila seorang hamba selalu tidak merasa puas maka dadanya akan terasa sempit, inilah alasan utama orang tidak bisa merasa lapang dada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image