Rabu 12 Jan 2022 17:17 WIB

Ada Galeri Seni Islam di Museum Seni Terbesar India

Museum seni terbesar di India, Museum Salar Jung, akan membuka galeri seni Islam.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Salah satu sudut museum Salar Jung, Hyderabad, India. Museum Salar Jung akan membuka galeri seni Islam.
Foto: https://www.salarjungmuseum.in/
Salah satu sudut museum Salar Jung, Hyderabad, India. Museum Salar Jung akan membuka galeri seni Islam.

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Museum seni terbesar di India, Museum Salar Jung, akan membuka galeri seni Islam. Direktur Museum Salar Jung, A Nagender Reddy, mengatakan galeri seni Islam akan diresmikan pada akhir tahun ini.

Ide mendirikan galeri seni Islam muncul pada 2009, ketika sekitar 400 artefak Islam dari Museum Salar Jung dipajang di sebuah pameran seni Islam India yang diadakan di Sharjah, Uni Emirate Arab (UEA).

Baca Juga

Dilansir Middle East Monitor, Rabu (12/1/2022), galeri seni Islam akan dibangun berukuran sekitar 26 ribu kaki persegi. Galeri baru ini akan berlokasi di sayap timur Museum Salar Jung. Galeri seni Islam akan memamerkan berbagai artefak termasuk manuskrip, karpet Persia, pedang dan pelindung tubuh, keramik, serta salinan Al-Qur'an.

Di antara barang-barang berharga yang dipamerkan dalam galeri tersebut, yaitu folio tertua Al-Qur'an dalam aksara Kufi, tertanggal abad kesembilan. Kemudian pisau buah langka dengan gagang giok yang dihiasi dengan batu-batu berharga milik Permaisuri Mughal, Nur Jahan, serta cincin pemanah Kaisar Mughal, Shah Jahan, yang menugaskan pembangunan Taj Mahal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement