Sabtu 15 Jan 2022 23:35 WIB

Korut Uji Coba Rudal Lagi

Korea Utara (Korut) kembali menguji rudalnya.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut
Foto: Associated Press
Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut

IHRAM.CO.ID,  PYONGYANG - Korea Utara (Korut) kembali menguji rudalnya, Jumat (14/1/2022) waktu setempat. Korean Central News Agency (KCNA) pada Sabtu (15/1/2022), mengatakan latihan menembak diadakan untuk memeriksa dan menilai kemahiran dalam prosedur tindakan resimen yang ditanggung kereta api.

Cara ini diuji negara itu untuk pertama kalinya pada September lalu. "Rudal dari kereta api dirancang sebagai serangan balasan potensial untuk setiap kekuatan yang mengancam," tulis KCNA, Sabtu.

Baca Juga

"Peluncuran ini menunjukkan kemampuan manuver dan tingkat serangan yang tinggi. Sejumlah masalah dibahas untuk menyiapkan sistem operasi rudal yang dibawa kereta api yang tepat di seluruh negeri," tambah KCNA.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mengatakan telah mendeteksi dugaan dua rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan ke arah timur dari Provinsi Pyongan Utara di pantai barat laut Korut. Korsel juga mencatat dua rudal balistik jarak pendek (SRBM) menempuh jarak sekitar 430 km (267 mil) hingga ketinggian maksimum 36 km (22 mil) setelah diluncurkan ke arah timur di pantai barat laut Korut.

Pada Jumat, Korut mengecam sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) atas uji coba rudal terbarunya. Korut memperingatkan tindakan yang lebih kuat dan lebih eksplisit jika Washington mempertahankan sikap konfrontatif.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement