Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Fahmi Fahmi

Perkembangan Islam pada Masa Utsman bin Affan

Agama | Saturday, 15 Jan 2022, 21:14 WIB

Kepemimpinan Utsman bin Affan bermula saat beliau diangkat menjadi khalifah atas dasar musyawarah dan keputusan sidang panitia enam. Adapun keenam anggota panitia tersebut adalah Ali bin Abi Thalib, Abdurahman bin Auf, Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Sa’ad bin Abi Waqas, dan Zubair bin Awam.

Pada saat itu, Abdurahman ditunjuk untuk memilih siapa yang akan menjadi khalifah diantara Utsman dan Ali. Konon katanya sebagian besar rakyat cenderung memiluh Utsman sehingga hasil keputusan menetapkan beliau sebagai khalifah. Utsman diangkat menjadi khalifah saat usianya 70 tahun dan menjadi khalifah tertua yang diangkat.

Perkembangan di masa Utsman bin Affan
Masa kekhalifahan Utsman adalah masa yang paling makmur dan juga sejahtera. Bahkan banyak rakyatnya bisa haji sampai berkali-kali.

Beliau menjadi khalifah pertama yang berhasil melakukan perluasan Masjid al-Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi (Madinah) agar bisa menampung lebih banyak umat Islam yang akan menjalankan ibadah haji. Beliau juga menjadi pencetus ide polisi keamanan bagi rakyatnya serta membuat bangunan khusus untuk mahkamah dan mengadili perkara.

Beberapa prestasi yang diraih oleh Utsman bin Affan selama menjadi khalifah adalah sebagai berikut. Menaklukan daerah Arjan dan Persia serta menaklukan Khurasan dan Nashabur di Iran. Pada setiap hari Jumat, beliau akan memerdekakan seorang budak.

Meresmikan mushaf Utsmani, yaitu kitab suci Alquran yang digunakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Pencapaiannya lainnya yakni mengangkat Amr bin Ash sebagai gubernur di Afrika Utara.

Pada dasarnya Kekhalifahan Utsman bin Affan merupakan salah satu keberhasilan yang sangat cemerlang. Tetapi, dalam kecemerlangan ini, mungkin ada rasa sedikit kecewa dalam setiap orang yang tidak dipilih oleh Utsman bin Affan sebagai salah satu gubernur contohnya.

Maka dari itu banyak orang-orang yang ingin bekerja sama dalam membunuh Khalifah Utsman bin Affan. Sampai hingga titik dimana benar benar Khalifah Utsman bin Affan terbunuh oleh kepungan para musuh-musuhnya


*Tugas Ujian Akhir Semester 'Administrasi dalam Islam': Dr. Army Gultom S.IP
Disusun oleh: Muhammad Fahmi Ashiddiqi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image