Kamis 20 Jan 2022 13:34 WIB

Permata Warisan Budaya Masjid Ethem Bey di Albania Terlahir Kembali

Masjid Et'hem Bey adalah salah satu masjid tertua dan terindah di Albania.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Ethem Bey di Albania.
Foto: inyourpocket.com
Masjid Ethem Bey di Albania.

REPUBLIKA.CO.ID, TIRANA -- Masjid Ethem Bey merupakan salah satu permata mahkota warisan budaya Albania dan simbol ibu kota negara Tirana. Bangunan ibadah ini dipugar total berkat kontribusi Badan Kerja Sama dan Koordinasi Turki (TIKA).

Perdana Menteri Edi Rama dan Presiden Turki Erdogan menghadiri peresmian Masjid Et'hem Bey, Senin (17/1/2022). Masjid ini menjadi situs keagamaan dan rumah ibadah bagi umat Muslim, sekaligus objek wisata di ibu kota Tirana.

Baca Juga

"Masjid Ethem Bey akan terus bersinar di Tirana di masa depan sebagai tanda persahabatan dan persaudaraan antara kedua negara," kata pernyataan Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA), dikutip di Kryeministria, Rabu (19/1).

Masjid yang menjadi monumen budaya kategori pertama ini adalah bagian dari bangunan kompleks masjid yang membentuk pusat bersejarah Tirana. Di sekitarnya terdapat kompleks arsitektur bersama dengan Menara Jam.

Masjid Et'hem Bey adalah salah satu masjid tertua dan terindah di Albania. Bangunan tersebut juga menjadi satu-satunya yang selamat dari rezim komunis.

Setelah diubah di bawah proyek restorasi lengkap, Masjid Ethem Bey memiliki ruang sholat, serambi yang mengelilinginya dari timur dan utara, serta sebuah menara. Restorasi ini menyoroti elemen-elemen yang telah rusak seiring waktu.

Sejauh ini, TIKA telah menyelesaikan pemugaran sembilan masjid dan bangunan bersejarah lainnya. Beberapa di antaranya adalah, Menara Jam Kastil Ergiri (Gjirokastra), Menara Jam Kavalye (Kavaja), Masjid Pasar Gjirokastra, Masjid Berat Bekarlar, Masjid Berat Hünkar, Halveti Tekke dan Tirana Masjid Ethem Bey.

"Albania adalah sekutu, teman dekat dan tulus Turki dibandingkan dengan negara-negara Balkan. Selama kerja sama yang erat ini berlanjut di antara kita, tidak ada masalah yang tidak dapat kita selesaikan," ujar Presiden Turki Erdogan saat peresmian tersebut.

Ia juga menyampaikan harapannya agar pemugaran masjid tersebut bisa membawa manfaat yang luas bagi masyarakat sekitar. Ia berterima kasih kepada otoritas Albania yang telah mendukung segala proses pemugaran tersebut.

https://kryeministria.al/en/newsroom/rilind-xhamia-e-ethem-beut-xhevahir-i-trashegimise-sone-kulturore/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement