Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muh Ridho Irfani

5 Langkah Memulai Pola Hidup Sehat

Gaya Hidup | Wednesday, 19 Jan 2022, 11:48 WIB

Ada banyak penyakit menular di dunia ini. Definisi penyakit menular adalah infeksi yang disebabkan mikroorganisme virus, bakteri, jamur, dan parasit. Ciri penyakit menular adalah dapat berpindah ke orang lain yang sehat sehingga menyebabkan orang yang tadinya sehat menjadi sakit.

Penyakit menular dapat menyebar secara langsung maupun tidak langsung. Penularan secara langsung terjadi melalui kontak fisik (bersentuhan atau berinteraksi secara langsung), udara (saat penderita batuk atau bersin), atau kontak cairan tubuh (terkena urine atau darah penderita).

Tak sedikit juga sering kali manusia lalai dalam menjaga pola hidup, tanpa disadari pola hidup sehari-harinya dapat beresiko mudahnya tertular penyakit. Untuk mencegah risiko terkena berbagai penyakit (termasuk yang menular), sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat. 

Berikut beberapa langkah untuk memulai pola hidup sehat:

1. Pola makan teratur. Salah satu bentuk menjalani pola hidup sehat adalah memperhatikan pola makan yang teratur dengan makanan yang sehat dan bergizi. Asupan gizi diperlukan agar semua sel dalam tubuh, termasuk seluruh sel dalam sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Gizi yang optimal, dapat mendukung fungsi sel imun untuk memberikan respons efektif terhadap patogen. Adapun, kekurangan gizi akan merusak fungsi kekebalan tubuh sebagai akibat dari kekurangan asupan makanan.

2. Olahraga teratur. Selain aspek makanan sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar juga penting. Caranya dengan olahraga secara teratur. 

3. Istirahat yang cukup agar tubuh terhindar dari kelelahan.

4. Menjaga kondisi lingkungan sekitar tetap bersih.

5. Berpikir positif agar terhindar dari permasalahan kesehatan batin atau kesehatan jiwa.

Untuk bisa menerapkan pola hidup sehat memang bukan perkara mudah. Mengubah kebiasaan memang tak hanya bermodal niat saja, tetapi juga perlu mencoba langkah-langkah pola hidup sehat.


Perilaku Sehat

Selain menjaga pola hidup sehat kita juga harus melakukan pencegahan dari berbagai penyakit menular. Salah satu pencegahannya dapat diupayakan melalui perilaku mengurangi kontak dengan orang yang sakit dan mengurangi kontak dengan binatang pembawa penyakit.

Contohnya yakni dengan mengenakan masker, menjaga jarak, selalu mencuci tangan, menjaga kebersihan makanan, dan tidak mengunjungi tempat yang sedang terdapat wabah.

Untuk meredakan penyakit menular yaitu memutus rantai penularan, kita bisa melakukannya dengan cara: perbaikan kualitas media lingkungan, pengendalian vektor dan binatang pembawa penyakit, rekayasa lingkungan, pemberian vaksin dan karantina.

Vaksin
Pemberian vaksin untuk mencegah dan menangkal terjadinya penyakit tertentu. Suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu antigen, sehingga jika terpapar olen antigen yang sama tidak terjadi infeksi.

Vaksin sebagai salah satu kunci kesehatan masyarakat saat pandemi memang sangat dibutuhkan. Selain penyakit penyakit menular biasa, gejala orang yang telah terinfeksi penyakit menular kadang bisa sangat minim sehingga penderita tidak menyadari telah terinfeksi. Inilah yang mengakibatkan banyaknya penderita penyakit menular yang terlambat ditangani atau justru mendapat penanganan pada saat gejala dan kondisi yang memburuk.

Selain terkena penyakit menular, pola hidup yang tidak sehat juga berdampak pada kesehatan tubuh kita seperti Sindrome Metabolik. Ini adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Sindrome Metabolik mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan kadar kolesterol yang tidak normal.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang sering merokok, tidak berolahraga, makan sembarangan, dan sering minum-minuman beralkohol berisiko tiga kali lipat mengalami kematian akibat penyakit jantung dan hampir empat kali lipat berisiko mengalami kematian karena kanker.

Demikian bahayanya penyakit menular dan bahaya yang timbul jika kita tidak menjaga pola hidup sehat, Semoga setelah membaca artikel ini, kita dapat mengetahui sisi buruk akibat tidak menjaga pola kesehatan. Semoga kita bisa menjaga kesehatan apalagi di situasi pandemi Covid-19 seperti ini. Semoga kita juga selalu dalam keadaan sehat wal 'afiat dan selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image