Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Sejarah Bendera Merah Putih di Indonesia

Sejarah | Thursday, 20 Jan 2022, 19:50 WIB

Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya, terdiri dari beberapa pulau dan memiliki karakteristik yang khas di setiap inci daerahnya. Hadirnya Indonesia di simbolkan dengan bendera Sang Saka Merah Putih. Merah yang berarti jiwa keberanian melawan penjajah dan putih yang berarti niat suci para pahlawan dan rakyat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bendera Merah dan Putih yang menjadi simbol Indonesia hadir dengan banyak perjuangan di dalamnya. Lantas, bagaimana sejarah bendera merah putih Indonesia?

Sejarah Bendera Merah Putih Indonesia

Menurut sejarah, Dwiwarna atau warna Merah dan Putih bendera Indonesia diambil dari mitologi Austronesia yang melambangkan tanah dan langit. Warna merah berarti tanah dan putih berarti langit. Keduanya digunakan untuk melambangkan dualisme alam yang saling berpasangan satu sama lain.

Bendera Merah Putih pernah digunakan pula sebelumnya oleh kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia. Sebagai contoh kerajaan Kediri sudah menggunakan bendera berwarna merah putih sebagai bendera pusakanya. Sementara bendera merah putih yang kita gunakan sebagai lambang Indonesia terinspirasi dari warna panji Kerajaan Majapahit dengan sembilan garis merah putih (umbul-umbul abang putih).

Sumpah Pemuda

Tahap sejarah bendera merah putih Indonesia berikutnya terjadi pada era penjajahan Belanda di tahun 1928. Pada tahun tersebut, untuk pertama kalinya bendera Merah Putih digunakan sebagai bentuk protes melawan penjajahan. Hal tersebut bersamaan dengan momen Sumpah Pemuda yang dilakukan pemuda-pemudi Indonesia.

Pada tahun 1928 tepatnya pada tanggal 28 Oktober diyakini menjadi kelahiran bangsa Indonesia. Selain itu, pada momen sumpah pemuda tersebut, untuk pertama kalinya lagu kebangsaan “Indonesia Raya” ciptaan WR. Supratman diperdengarkan. Sumpah Pemuda menjadi momentum untuk menyatukan rasa persatuan untuk melawan penjajahan dan menyatukan berbagai keanekaragaman yang ada dalam satu darah, satu bangsa dan satu bahasa yang sama, yaitu Indonesia.

Bendera Berkibar Saat Proklamasi

Sejarah bendera merah putih Indonesia mencatat Sang Saka Merah Putih juga dikibarkan ketika tokoh proklamasi Indonesia, yaitu Soekarno sedang mengikrarkan Proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, di Jalan Pegangsaan Timur no. 56, Jakarta. Momentum tersebut menjadi sebuah titik puncak semangat bangsa untuk membawa Indonesia memperoleh kemerdekaan yang sempurna.

Sementara itu, bendera Merah Putih yang dikibarkan saat terjadinya proklamasi Indonesia dijahit sendiri oleh istri Soekarno, yaitu Fatmawati dengan menggunakan bahan katun Jepang yang berukuran 276 x 200 cm.

Bendera Merah Putih Masa Kini

Bendera Merah Putih kini sudah mendapatkan hak nya secara sempurna berkibar di setiap belahan nusantara. Pengibaran bendera Dwiwarna tersebut menjadi sebuah perenungan untuk memperingati sejarah bendera merah putih Indonesia dan mengenang jasa pahlawan yang sudah terlebih dahulu gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, pengibaran bendera Merah Putih juga dilakukan sebagai wujud syukur atas kemerdekaan yang akhirnya berhasil diraih oleh bangsa Indonesia, serta bukti pada dunia, bahwa Indonesia kini menjadi negara yang merdeka dan memiliki lambang negara berupa bendera Merah Putih.

Sumber: Vendor Cetak Bendera

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image