Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh yang Wajib Diketahui

Gaya Hidup | Thursday, 20 Jan 2022, 21:47 WIB

Tubuh manusia memiliki cara kerjanya sendiri yang unik. Sebagai bentuk menghargai pemberian pencipta perlu rasanya menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mempelajari dan mengerjakan cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Pengertian Metabolisme Tubuh

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Perlu diketahui terlebih dahulu apa maksud sebenarnya. Mungkin bagi kebanyakan orang hal tersebut disalah artikan dengan pengkaitan bentuk tubuh, seperti langsing maupun berotot.

Padahal faktanya metabolisme tubuh tidak sesederhana itu. Jika secara pengertian ensiklopedia merupakan sejumlah reaksi kimia yang terjadi di tiap sel organisme hidup. Mereka mengambil peran untuk melakukan penyesuaian energi dari proses vital menjadi bentuk baru.

Metabolisme berkaitan erat dengan aktivitas yang terjadi di dalam tubuh. Hal tersebut penting karena di dalamnya termasuk menentukan fungsi organ, memperbaiki sel rusak, pernapasan dan peredaran darah.

Proses Metaboolisme

Setelah paham mengenai pengertian metabolisme tubuh berikutnya dibahas prosesnya. Hal tersebut terbagi menjadi tiga macam, pertama adalah basal yang artinya berkaitan dengan jumlah pembakaran kalori. Hasilnya berupa energi sebagai modal tenaga melakukan aktivitas.

Jenis kedua adalah Non exercise activity thermogenesis. Singkatnya jika basal merupakan proses utama yang menghasilkan 70 persen metabolisme. NEAT sendiri hanya menyumbang 20 persen dan terjadi saat tubuh menggigil maupun ketika khawatir sehingga tubuh memproduksi panas.

Terakhir berasal dari aktivitas manusia sehari-hainya. Entah didapat ketika sedang bekerja maupun berolahraga dan memberikan sumbangan sekitar 10 persen total metabolisme tubuh.

Pentingnya Meningkatkan Metabolisme

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa metabolisme ini mengambil peran penting dalam aktivitas tubuh.

Bisa dibayangkan jika metabolisme tubuh melambat, maka kesehatan akan terganggu. Jika hal tersebut terjadi penyakit kronis pun dapat muncul. Jadi penting rasanya meningkatkannya agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Semakin cepat metabolisme, maka pembakaran kalori akan meningkat dan berdampak baik. Misalkan berat badan ideal sehingga menjadi lebih sehat.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tentunya kebanyakan seperti mengkonsumsi makanan maupun melakukan aktivitas olah raga, berikut ulasannya:

Perbanyak Konsumsi Protein

Pertama adalah memperbaiki asupan dengan memperbanyak konsumsi protein. Makanan seperti putih telur, ikan, kacang, tahu, maupun daging yang rendah lemak. Hal tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membawa dampak baik.

Konsumsi Cukup Cairan

Cara kedua dalam meningkatkan metabolisme tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air. Selain hal tersebut penting agar dehidrasi hilang, energi juga timbul untuk menghangatkan tubuh. Asalkan dilakukan dengan teratur dan berkecukupan tidak kurang maupun lebih.

Rutin Berolahraga

Olahraga dapat menyebabkan capek, ini akan memicu tubuh mengkonsumsi lebih banyak energi. Semakin tinggi intensitas maka lemak dan karbohidrat juga akan terkuras. Hasilnya proses metabolisme akan berjalan dengan baik karena terus melakukan pengolahan bahan.

Cara meningkatkan metabolisme tubuh di atas penting diketahui dan dikerjakan untuk menghalau penyakit dan memperbaiki kondisi tubuh agar semakin prima.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image