Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Filka Khairu Pratama

Sempat Viral, Kehadiran Duta GenRe di Sumbar Semakin Diminati Masyarakat

Eduaksi | Sunday, 23 Jan 2022, 22:20 WIB
Juara I Duta GenRe Indonesia Kategori Putri Tahun 2020, Cinthia Mutiara Zeni, Asal Sumatera Barat

Peran remaja sebagai generasi muda harapan keluarga dan bangsa di era abad 21 saat ini sangat diperlukan untuk menentukan arah peradaban kedepan. BKKBN memiliki program unggulan yang diminati hingga pelosok negeri, khusus bagi remaja. Namanya Program GenRe (Generasi Berencana) untuk remaja.

Program ini diperuntukkan bagi seorang yang berusia 10 sampai 24 tahun yang belum menikah serta berkomitmen untuk mengajak semua remaja agar menjauhi "perilaku berisiko". Perilaku berisiko yang dikampanyekan pemerintah untuk dihindari remaja yaitu, menghindari pernikahan diusia anak, menghindari seks bebas dan menyimpang serta menghindari narkoba dan HIV/Aids.

Tahun 2022 ini pemilihan duta genre di kabupaten/kota se Sumatera Barat kembali menggeliat ibarat tanaman yang subur. Program GenRe sangat digandrungi remaja di Sumatera Barat. Apalagi pada tahun 2020, Sumatera Barat sukses meraih Juara I Duta GenRe Indonesia Kategori Putri, atas nama Cinthia Mutiara Zeni. Tahun 2021 ketika pandemi sedang memuncak, kabupaten dan kota tetap sukses melahirkan duta genre didaerahnya, tentu dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat ketika proses seleksi. Sehingga setelahnya, Provinsi Sumatera Barat dengan rasa syukur tetap menyelenggarakan Final Duta GenRe Tingkat Provinsi dan sukses diikuti oleh perwakilan kabupaten dan kota secara offline, dengan protokol kesehatan.

Walau sempat viral beberapa saat dikarenakan salah satu persyaratan "Surat Pernyataan Diri Bebas LGBT" di media sosial, nampaknya hal ini malah memberikan dampak positif, sehingga membuat pemilihan duta genre semakin semarak ditingkat daerah. Masyarakat umumnya tidak terpengaruh dengan kejadian dimedia sosial, karena masyarakat khususnya para remaja ingin fokus menjadi bagian dari Duta GenRe yang notabene mampu memberikan manfaat bagi lingkungannya.

Lebih luas lagi, masyarakat Sumatera Barat menilai, Duta GenRe bisa memberikan edukasi maupun promosi kepada semua kalangan dan lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Dalam aksi nyatanya, remaja para duta GenRe terjun langsung memberikan edukasi ada yang di sekolah-sekolah, hingga ke perkampungan.

Sebagai contoh, Duta GenRe Kota Padang melakukan edukasi maupun promosi terhadap remaja putus sekolah di Kecamatan Padang Selatan yang notabene wilayah perbukitan yang berbatasan dengan pantai. Ada juga perwakilan duta GenRe yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK M) melakukan pendampingan terhadap ODHA (orang dengan HIV/Aids). Tidak kalah hebatnya, remaja GenRe di Kota Padang dijadwalkan akan memberikan edukasi dan menghibur warga binaan kasus narkoba maupun lainnya, di Rumah Tahanan Negara Anak Air Padang.

Walaupun pandemi belum sepenuhnya pergi, tampaknya animo masyarakat, khususnya kalangan remaja untuk menjadi bagian dari GenRe tidak terbendung. Hal ini dibuktikan dengan laporan panitia kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang sedang melakukan pembukaan pendaftaran Duta GenRe. Kehadiran Duta GenRe ditengah masyarakat telah banyak memberikan manfaat, minimal memberikan contoh yang baik bagi sebayanya.

Tidak hanya itu, semua mitra kerja di Sumatera Barat juga mengacungkan jempol kepada para Duta GenRe. Banyak mitra kerja sewaktu hadir pada Puncak Final Duta GenRe 2021 mengatakan, Duta GenRe adalah harapan kita semua. kita berharap, semoga para Duta GenRe bisa merangkul semua kalangan remaja guna memberikan dampak positif untuk menghindari perilaku berisiko, sehingga bisa sukses dimasa depan menjadi remaja keren. Hal ini diharapkan mampu meminimalisir dari melahirkan anak yang stunting dikemudian hari.

Stunting saat ini memang menjadi perhatian semua pihak. Kehadiran Duta GenRe di Sumatera Barat sangat bermanfaat dalam menyampaikan pesan pesan pemerintah tentang stunting. Stunting bisa dicegah, salah satu jalannya ketika masa remaja dengan menjadi remaja yang sehat. Remaja Duta GenRe telah menjadi idola, karena perilakunya banyak dicontoh oleh sebayanya. Artinya, Remaja Duta GenRe di Sumatera Barat telah berperan dalam membantu pemerintah dalam mengintervensi stunting, sehingga bisa mewujudkan Indonesia Maju dimasa depan.

Penulis : Filka Khairu Pratama, S.Sos (Analis Bina Ketahanan Remaja Perw. BKKBN Sumatera Barat)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image