Selasa 25 Jan 2022 08:09 WIB

Studi: Komunitas Muslim Paling Didiskriminasi di Inggris

Publik Inggris lebih cenderung memandang negatif Muslim.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
publik Inggris lebih cenderung. Foto:  Ilustrasi Islamofobia
Foto: Foto : MgRol_93
publik Inggris lebih cenderung. Foto: Ilustrasi Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON — Analisis oleh University of Birmingham dan firma analisis data YouGov, menemukan bahwa publik Inggris lebih cenderung memiliki pandangan yang diskriminatif dan negatif tentang Islam daripada agama lain.

Studi tersebut mengungkapkan, bahwa demografi dari mereka yang paling mungkin memiliki pandangan dan keyakinan Islamofobia adalah di antara populasi lanjut usia, kelas pekerja, laki-laki, dan mereka yang memilih untuk meninggalkan UE serta pendukung Partai Konservatif di bawah Perdana Menteri Boris Johnson. 

Baca Juga

“Prasangka terhadap Islam dan Muslim menonjol di Inggris, bukan hanya karena itu jauh lebih luas daripada kebanyakan bentuk rasisme, tetapi juga karena prasangka terhadap Islam lebih umum di antara mereka yang lebih kaya dan berpendidikan,” kata Stephen H. Jones, penulis utama studi tersebut.

"Tidak ada yang menyerukan undang-undang yang mengatur kritik terhadap agama, tetapi kita harus mengakui bahwa publik Inggris telah secara sistematis salah mendidik tentang tradisi Islam dan mengambil langkah untuk memperbaikinya," tambah Jones, dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (25/1).

Menurut laporan tersebut, publik Inggris non-Muslim tiga kali lebih mungkin untuk memiliki pandangan berprasangka tentang Islam daripada keyakinan mereka terhadap agama lain. Dukungan untuk larangan migrasi Muslim ke Inggris adalah 4-6 persen lebih tinggi daripada untuk kelompok agama dan etnis minoritas lainnya dan orang Inggris lebih percaya diri dalam membuat penilaian yang salah tentang Islam daripada agama non-Kristen lainnya.

Laporan itu lebih lanjut menemukan bahwa lebih dari satu dari empat orang memiliki pandangan konspirasi tentang apa yang disebut "daerah terlarang Syariah." Sekitar 26,5 persen setuju bahwa ada wilayah tertentu di Inggris yang beroperasi di bawah hukum Syariah dan non-Muslim dilarang masuk. 36,3 persen setuju bahwa Islam mengancam cara hidup orang Inggris. Sebagian besar dari mereka adalah pendukung Tory dan Brexit.

Lebih dari seperempat publik Inggris memiliki pandangan negatif terhadap Muslim dengan 9,9 persen merasa “sangat negatif” terhadap mereka. Sebagai perbandingan, hanya 8,5 persen publik yang memiliki pandangan negatif terhadap orang Yahudi, 6,4 persen untuk orang kulit hitam, dan 8,4 persen untuk orang kulit putih lain dari kebangsaan yang berbeda.

Studi tersebut, bagaimanapun, menemukan bahwa orang-orang dari kelompok pekerjaan kelas menengah dan atas juga lebih cenderung memiliki pandangan berprasangka terhadap Muslim dan keyakinan Islam. Orang-orang dari kelompok sosial yang lebih tinggi 4,8 persen lebih mungkin untuk melihat Islam sebagai "literalistik," tanpa interpretasi, daripada kelompok sosial yang lebih rendah lainnya.

Selain melaporkan skala Islamofobia di Inggris, laporan tersebut juga menawarkan berbagai rekomendasi untuk memerangi dan menawarkan solusi terhadap diskriminasi anti-Muslim, termasuk pengakuan publik terhadap Islamofobia oleh pemerintah dan lembaga publik yang sama tingginya.

“Organisasi masyarakat sipil dan badan kesetaraan yang peduli dengan prasangka dan diskriminasi harus mengakui bahwa salah pendidikan sistemik tentang Islam adalah umum di masyarakat Inggris dan membentuk elemen penting dari Islamofobia.”

“Pemerintah dan tokoh masyarakat lainnya harus secara terbuka mengakui dan mengatasi kurangnya kritik publik yang dipicu oleh wacana dan praktik Islamofobia, dan bagaimana Islamofobia menonjol dibandingkan dengan bentuk rasisme dan prasangka lainnya.”

Publikasi laporan itu muncul tak lama setelah tuduhan dilontarkan terhadap partai Tory setelah menteri Muslim Nusrat Ghani dipecat karena "ke-Muslimannya" membuat menteri lain tidak nyaman.

Sumber:

https://www.aa.com.tr/en/europe/report-finds-muslim-communities-among-most-discriminated-against-in-uk/2484172

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement