Taiwan Berupaya Perbaiki Hubungan dengan Honduras

Selasa , 25 Jan 2022, 15:51 WIB Reporter :Lintar Satria/ Redaktur : Ani Nursalikah
Orang-orang melewati pemasangan bendera Taiwan menjelang perayaan Hari Nasional di Taipei, Taiwan, 06 Oktober 2021. Taiwan Berupaya Perbaiki Hubungan dengan Honduras
Orang-orang melewati pemasangan bendera Taiwan menjelang perayaan Hari Nasional di Taipei, Taiwan, 06 Oktober 2021. Taiwan Berupaya Perbaiki Hubungan dengan Honduras

IHRAM.CO.ID, TAIPEI -- Wakil Presiden Taiwan William Lai berangkat ke Honduras demi memperbaiki hubungan yang goyah dengan negara itu. Lai akan menghadiri pelantikan presiden Honduras, acara yang juga dihadiri Wakil Presiden AS Kamala Harris sehingga berpotensi keduanya akan bertemu.

 

Terkait

China meningkatkan tekanan dengan mengurangi jejak Taiwan di panggung internasional. Beijing menegaskan pulau yang dikelola demokratis itu bagian dari wilayahnya sehingga tidak berhak memiliki hubungan antarnegara.

Baca Juga

Honduras merupakan satu dari hanya 14 negara yang mempertahankan hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan. Presiden terpilih Honduras Xiomara Castro mengajukan gagasan memutus hubungan dengan Taipei untuk China.  

Di bandara internasional Taiwan di Taoyuan, Lai mengatakan ia membawa pasokan untuk membantu Honduras memerangi pandemi Covid-19. Sebagai upaya menunjukkan tekad Taiwan dalam membantu pemerintahan Castro sejak awal.

"Sejak Presiden Castro mempersiapkan untuk mempromosikan kebijakan baru, Taiwan akan mempertahankan semangat diplomasi pragmatik dan saling membantu, memperdalam kerja sama dengan Honduras dan mengatasi berbagai kesulitan agar bermanfaat bagi rakyat kedua negara," kata Lai, Selasa (25/1/2022).

Lai yang dijadwalkan bertemu Castro pada Rabu (26/1/2022) menambahkan ia akan melakukan interaksi dan pertukaran dengan para pemimpin dan wakil-wakil negara sekutu dan sahabat. Tapi ia tidak menyebut langsung nama Harris.

"(Kunjungan ini akan menunjukkan pada dunia Taipei) merupakan teman yang dapat dipercaya dan Taiwan memiliki kemampuan membantu masyarakat internasional," kata Lai.

Washington juga tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taipei. Tapi AS merupakan pendukung internasional terkuat dan pemasok senjata terbesar bagi Taiwan. Pulau itu kerap menjadi titik perselisihan antara AS dan China.

Menjelang pemilihan Honduras bulan November tahun lalu seorang perwakilan AS untuk Honduras menegaskan Washington ingin negara Amerika Latin itu mempertahankan hubungannya dengan Taiwan.

Seperti perjalanan ke Amerika Latin biasanya saat pulang dari Honduras, Lai akan singgah ke AS. China kerap menentang kunjungan tersebut. Sementara AS semakin khawatir menguatnya pengaruh China di halaman belakangnya.

China meningkatkan upaya untuk merebut sekutu diplomatik resmi Taiwan yang masih tersisa. Bulan lalu mereka menguatkan hubungan dengan Nikaragua.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini