Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Bersabar Menurut Perspektif Islam

Eduaksi | Saturday, 29 Jan 2022, 20:17 WIB

Manusia dalam melakukan hidup ini pasti tidak lepas dari lika-liku cobaan, bisa berupa kegagalan, kesengsaraan, penyakit sampai kemiskinan. Segala hal yang ditimpakan kepada manusia hendaknya mereka bersabar, karena dalam agama Islam sabar memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 155 yang berbunyi :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَابِرُوْا وَرَابِطُوْاۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ .

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.”

Sabar yaitu tabah dengan menghadap segala ujian, kita menghadap dengan ujian itu dengan sabar. Wasta'inu bissobri wasshola wainnaha lakabirotun illa 'alal khosyi'in. Solusinya memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberikan jalan keluar setiap ada masalah atau cobaan hidup yang dialami saat ini.

Kenapa kita harus Bersabar??

Dan selanjutnya di dalam QS.Al-Baqarah : 153

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Orang-orang yang selalu sabar ketika mendapat suatu kesulitan dalam masalah atau ujian yang ia alami maka akan mendapatkan perlindungan dan pembelaan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Inilah kebersamaan Allah secara khusus untuk orang yang bersabar.

Ya kadang-kadang kita juga sulit untuk bersabar, tapi tidak!! kalo kita usaha buat bersabar Insya Allah bisa, buat orang-orang yang sabar itu akan mendapatkan maiyatullah khassah yaitu perlindungan dan pembelaan Allah SWT.

Selain itu ada juga janji Allah di dalam QS.Al-Insyirah : 5 yang berbunyi :

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Dari ayat di atas Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberitahu bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Jadi Allah menganjurkan umat Muslim untuk selalu percaya akan pertolongan-Nya karena Allah akan memberi jaminan setiap kesusahan pasti ada kemudahan. Maka dari situ kita harus bersabar.

Hal ini diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya keberhasilan ada bersama kesabaran, kelapangan ada bersama kesusahan, dan sesungguhnya bersama kepayahan ada kesenangan.” (HR. At Tirmidzi)

Apa hadiah buat orang yang bersabar janji Allah buat orang-orang yang sabar yaitu :

وَكَأَيِّنْ مِنْ نَبِيٍّ قَاتَلَ مَعَهُ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا لِمَا أَصَابَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا وَمَا اسْتَكَانُوا ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

“Apa yang disisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An-Nahl Ayat 96)

Yang mana apabila kita sebagai manusia memiliki sesuatu maka suatu saat akan hancur atau rusak. Sedangkan apa yang ada di sisi Allah bagi kita itu adalah rizki dan pahala yang tidak akan sirna.

Jadi apabila orang mau bersabar maka Allah akan memberikan balasan pahala dan dijanjikan akan mendapat balasan yang lebih baik dari perbuatan mereka. Yuk kawan-kawan mari kita coba bersabar dalam menjalankan kehidupan, mulai berlapang dada dan meminta ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image