Allah Mencintai Orang Yang Suka Membersihkan Diri

Al Quran  
Allah memerintahkan untuk berwudhu setiap akan mendirikan shalat. (dok rumah Berkah).
Allah memerintahkan untuk berwudhu setiap akan mendirikan shalat. (dok rumah Berkah).

Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk senantiasa membersihkan diri, baik dari kotoran fisik maupun kotoran batin. Secara fisik, media untuk membersihkan diri adalah dengan cara mandi, mandi janabat (besar), tayamum, atau berwudhu.

Berikut ini perintah Allah dalam Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

(QS. Al-Maidah [5]: 6).

Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan membersihkan diri. (Dok. Rumah Berkah)
Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan membersihkan diri. (Dok. Rumah Berkah)

Dalam keterangan di atas, umat Islam diwajibkan untuk berwudhu setiap akan melaksanakan shalat, mandi besar bila janabat, atau bertayamum bila tak menemukan air.

Sesungguhnya Allah SWT mencintai hamba-hamba-Nya yang suka membersihkan diri. Innallaha yuhibbut tawwabina wa yuhibul muthathahhirin. Semoga bermanfaat.

(Syahruddin El Fikri, Jurnalis Republika, Khadimul Rumah Berkah).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image