Jumat 04 Feb 2022 00:35 WIB

5 Cara Bisa Tidur Nyenyak Setiap Malam

Orang dewasa direkomendasikan tidur malam sebanyak tujuh jam atau lebih.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Orang dewasa direkomendasikan tidur malam sebanyak tujuh jam atau lebih.
Foto: pxhere
Orang dewasa direkomendasikan tidur malam sebanyak tujuh jam atau lebih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur malam sebanyak tujuh jam atau lebih. Dengan memenuhi kebutuhan tidur itu, seseorang bisa memasuki periode tidur nyenyak atau  tahap tidur non-rapid eye movement (non-REM).

Nyatanya, masih banyak orang yang mengalami kesulitan tidur nyenyak setiap malam. Berikut lima cara yang bisa dicoba untuk dapat memasuki periode tidur nyenyak, dikutip dari laman Live Strong, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga

 

1. Tidur lebih awal

Langkah paling mudah adalah dengan tidak begadang. Tidur lebih awal akan memungkinkan seseorang memiliki waktu tidur yang cukup. Setel alarm pagi hari sebanyak waktu tidur yang dirasa cukup sesuai kebutuhan.

 

2. Kebiasaan jelang tidur

Mulailah mengadopsi kebiasaan menjelang tidur yang meningkatkan peluang untuk tidur nyenyak. Rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) adalah pergi tidur di waktu yang konsisten tiap malam.

Meremangkan cahaya di kamar tidur juga bisa membantu, selain mengatur suhu ruangan senyaman mungkin. Jauhkan berbagai sumber suara serta berbagai perangkat elektronik seperti tablet dan ponsel cerdas.

"Dengan menghentikan waktu layar dua jam sebelum waktu tidur, Anda dapat mengistirahatkan mata dan kepala sebelum tertidur," kata profesor ilmu saraf dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York, Nicole Avena.

 

3. Berolahraga

Aktif bergerak di siang hari dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Menurut ulasan Maret 2017 di Advances in Preventive Medicine, olahraga santai satu setengah jam sebelum tidur juga terbukti membuat seseorang tidur nyenyak.

 

4. Perhatikan asupan kafein

Kafein dapat merangsang otak dan memicu kondisi susah tidur apabila dikonsumsi dalam waktu enam jam sebelum tidur. Temuan itu diungkap dalam studi yang terbit pada November 2013 di Journal of Clinical Sleep Medicine.

Selain kafein, alkohol juga sebaiknya dihindari. Meskipun dianggap dapat membantu seseorang mudah tertidur, alkohol rupanya justru dapat menyebabkan berbagai gangguan tidur, menurut Cleveland Clinic.

 

5. Suplemen melatonin

Jika kebiasaan gaya hidup tidak cukup untuk mewujudkan tidur nyenyak, bicarakan dengan dokter mengenai konsumsi suplemen melatonin. Suplemen ini bisa membantu tidur apabila dikonsumsi satu hingga dua jam sebelum terlelap.

"Hormon melatonin diproduksi oleh otak sebelum memasuki tahap pertama tidur, tetapi terkadang otak membutuhkan tendangan ekstra untuk bisa tidur nyenyak lebih cepat dan bertahan lebih lama," ucap Avena.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement