Kamis 03 Feb 2022 14:41 WIB

KSAU Meresmikan Tugu Pal Putih di Kesatrian AAU Yogyakarta

Yogyakarta menjadi kota penting, karena AAU dan sekolah penerbang TNI AU di situ.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.
Foto: Dok Dispenau
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo meresmikan Tugu Pal Putih Karbol Krullebol yang dibangun di dalam Kesatrian Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Peresmian  miniatur Tugu Yogyakarta tersebut dilakukan Fadjar didampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X usai acara serah terima jabatan (sertijab) Gubernur AAU di Lapangan Dirgantara Kesatrian AAU Yogyakarta, Kamis (3/2/2022).

"Hari ini juga saya meresmikan Tugu Pal Putih ini juga atas restu dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, ini adalah merepresentasikan kedekatan kami warga AU kepada Kota Jogja (Yogyakarta) dan juga warga Yogya," kata Fadjar, Kamis.

Baca Juga

Fadjar mengatakan, Yogyakarta adalah kota yang amat penting bagi TNI AU. Pasalnya, banyak lahir para calon pemimpin TNI AU karena AAU dan sekolah penerbang TNI AU berlokasi di Yogyakarta. "Tugu Pal Putih ini sangat-sangat memiliki nilai historis yang tinggi dan kita membangun di sini sebagai perwujudan kelestarian budaya nusantara," katanya.

Terkait dengan sertijab Gubernur AAU, menurut Fadjar, pejabat lama Marsda Nanang Santosa menyerahkan posisi kepada penggantinya Marsda Eko D Indarto berjalan lancar. "Perlu diketahui bahwa ini adalah kegiatan yang biasa di dalam pembinaan personel, di mana ada penyegaran pejabat lama, pejabat baru, dan pejabat lama Gubernur AAU mendapat promosi sebagai Komandan Kodiklatau di Jakarta," katanya.

Fadjar menyampaikan apresiasi kepada Marsda Nanang Santosa atas dedikasi selama memimpin AAU, dan kepada Marsda Eko D. Indarto selaku Gubernur AAU baru mendapat ucapan selamat bertugas. Dia ptimis berbekal pengalaman dan wawasan yang dimiliki, Eko adalah sosok yang tepat untuk meneruskan tugas sebagai Gubernur AAU.

"Saya berpesan agar Marsekal dapat segera beradaptasi dalam penugasan sebagai Gubernur AAU khususnya dengan membangun dan mengembangkan potensi serta sumber daya yang ada, guna mewujudkan TNI AU sebagai angkatan udara yang disegani," kata Fadjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement