Jumat 04 Feb 2022 19:00 WIB

Komunitas Muslim di Jepang Butuh Peran Islamic Center

Masjid Istiqlal Osaka diharapkan menjadi pusat syiar Islam di Jepang.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Masjid Istiqlal Osaka dan desain rencana renovasi bangunan. Masjid Istiqlal Osaka menjadi masjid pertama yang dikelola oleh masyarakat Indonesia di Jepang.
Foto: Masjid istiqlal Osaka
Gedung Masjid Istiqlal Osaka dan desain rencana renovasi bangunan. Masjid Istiqlal Osaka menjadi masjid pertama yang dikelola oleh masyarakat Indonesia di Jepang.

IHRAM.CO.ID, Masjid Istiqlal Osaka diharapkan menjadi pusat syiar Islam di Jepang. Sebab, menurut Ketua Yayasan Masjid Istiqlal Osaka Ustaz Herizal Adhardi, masyarakat Muslim di Negeri Sakura sangat membutuhkan peran dari Islamic Center.

Ia pun bercerita, banyak mualaf di Jepang, khususnya di Kota Osaka. Setiap pekan, selalu ada orang yang mengucapkan kalimat syahadat sebagai tanda masuk Islam. "Dulu yang mengucapkan syahadat (mualaf) hanya orang Jepang yang menikah dengan Muslim, sekarang anak-anak muda Jepang banyak yang menjadi mualaf," kata Ustaz Herizal penuh haru.

Baca Juga

Akan tetapi, tanggung jawab umat Islam di Kota Osaka tidak sesederhana membimbing orang untuk mengucapkan kalimat syahadat. Sering kali istri atau suaminya yang mualaf, tapi karena kesibukan kerja keduanya, mereka tidak punya waktu untuk belajar lebih dalam tentang Islam.

Selain itu, dia mengatakan, anakanak mereka juga belajar di sekolah Jepang sehingga kurang mendapatkan pelajaran tentang agama Islam. Maka, untuk memenuhi kebutuhan Muslim di Osaka, Masjid Istiqlal Osaka akan menjadi Islamic Center yang dilengkapi dengan Mualaf Center, madrasah untuk anak-anak, dan sebagainya.

Meski sudah memiliki gedung sendiri atas dukungan dari umat Islam dan non-Muslim di dunia ini, Masjid Istiqlal Osaka masih membutuhkan bantuan untuk menjadi pusat syiar Islam di Negeri Sakura. Ustaz Herizal menyampaikan, bangunan masjid masih membutuhkan renovasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement