Jumat 04 Feb 2022 22:23 WIB

Didoakan Jadi Presiden, Ini Jawaban Emil

Membeli bata untuk seserahan, doa terakhir wali kota semoga dikabul Tuhan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan penataan jalan penghubung antara Jabar-Jateng, tepatnya di Ciledug Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Brebes, Jumat (4/2/2022).
Foto: Foto: Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan penataan jalan penghubung antara Jabar-Jateng, tepatnya di Ciledug Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Brebes, Jumat (4/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, atau yang biasa disapa Kang Emil, didoakan agar ke depan bisa menjadi Presiden Indonesia. Doa itu disampaikan Wali Kota Cirebon, Nahsrudin Azis, melalui pantun saat memberikan sambutan dalam peresmian Alun-alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan Cirebon, Jumat (4/2) sore.  

"Dolan ning batur gawa pepsoden. Semoga pak gubernur jadi presiden,’’ ujar Azis, yang langsung disambut tepuk tangan para tamu yang hadir.

Baca Juga

Sebelum menyampaikan pantun itu, Azis mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar, yang telah memberikan perhatian besar dalam pelaksanaan revitalisasi Alun-alun Sangkala Buana. Dengan revitalisasi itu, maka alun-alun tersebut kini memiliki wajah baru yang terlihat megah.  "Kita menyaksikan betapa gigihnya gubernur kita, Pak Ridwan Kamil, di dalam membangun Jabar. Ini adalah bukti bahwa beliau sangat memprhatikan masyarakat Jabar, termasuk di dalamnya melestarikan kebudayaan yang ada di Jabar," jelas Azis.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menyampaikan terima kasih atas pantuan yang disampaikan wali kota. Dia kemudian menjawab pantun tersebut dengan pantun lagi. "Membeli bata untuk seserahan. Doa terakhir wali kota semoga dikabul Tuhan,’’ tukas Kang Emil, yang disambut teriakan ‘cakeep’ dan tepukan tangan para tamu yang hadir.

 

Kang Emil mengungkapkan, hadir ke tempat tersebut untuk mempersembahkan sebuah janji, salah satunya perbincangannya dengan Sultan Sepuh XIV, almarhum PRA Arief Natadiningrat. Sosok sultan sepuh itu juga yang dulu telah mengingatkan dan membimbingnya tentang sejarah. Begitu pula pesan Bung Karno, agar jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.

"Pergi ke Patimban di hari Jumat, pergi ke Italia belanja tomat. Saya pengemban amanat rakyat, saya ini pemulia sejarah Jawa Barat," tukas Kang Emil kembali berpantun.

Kang Emil pun mengaku mengemban amanah menjadi gubernur sebagai sarana beribadah melalui jabatan, dan sarana bekerja mewujudkan cita-cita. Menurutnya, semua kiprahnya selama ini bukan bermaksud sebagai pencitraan.

Kang Emil menambahkan, Alun-alun Sangkala Buana merupakan bagian dari sejarah. Dia sengaja mempertahankan unsur tradisional dari keraton sehingga nilai keraton tetap terjaga. Alun-alun Sangkala Buana terletak tepat di depan Keraton Kasepuhan maupun Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Alun-alun tersebut kini memiliki gerbang berbentuk candi bentar yang nampak anggun. Alun-alun pun dilengkapi tempat duduk bagi pengunjung.

Pepohonan yang ada di sekeliling alun-alun membuat rindang. Pedagang kaki lima (PKL) pun ditata sehingga menjadi rapih. Alun-alun itu disebut sebagai destinasi wisata baru yang menarik di Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement