Senin 07 Feb 2022 20:06 WIB

Perbatasan Segera Dibuka, Australia Sambut Kedatangan WNA

Australia membuka perbatasan bagi WNA yang telah divaksinasi mulai 21 Februari.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Aktivitas di Sydney Airport. Australia akan membuka perbatasannya bagi WNA yang telah divaksinasi mulai 21 Februari 2022.
Foto: AP Photo/Mark Baker, File
Aktivitas di Sydney Airport. Australia akan membuka perbatasannya bagi WNA yang telah divaksinasi mulai 21 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Australia akan membuka kembali perbatasan negara itu untuk para wisatawan dari seluruh dunia. Langkah tersebut bakal efektif berlaku mulai 21 Februari mendatang.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa izin masuk negaranya berlaku untuk turis yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19. "Jika Anda divaksinasi ganda, kami berharap dapat menyambut Anda kembali ke Australia," kata Morrison pada konferensi pers di Canberra, Senin (7/2/2022).

Baca Juga

Industri pariwisata menyambut baik keputusan yang muncul tiga bulan sebelum Morrison menghadapi pemilu ini. "Selama dua tahun sejak perbatasan ditutup, industri ini telah berlutut," kata Direktur Pelaksana Dewan Ekspor Pariwisata Australia Peter Shelley.

"Sekarang kita dapat mengubah upaya kolektif kita untuk membangun kembali industri yang rusak," imbuhnya. 

Sementara itu CEO Forum Pariwisata dan Transportasi Margy Osmond mengatakan industri bakal senang dengan pembukaan kembali, tetapi akan membutuhkan koordinasi untuk memastikan Australia kompetitif sebagai tujuan. Langkah ini secara efektif membutuhkan waktu untuk komponen utama terakhir dari tanggapan Australia terhadap pandemi Covid-19, yang dikaitkan dengan tingkat kematian dan infeksi yang relatif rendah. Strategi inti lainnya, penguncian stop-start, ditangguhkan untuk selamanya pada Desember.

Negara itu telah mengambil langkah-langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk melonggarkan kontrol perbatasan. Ini termasuk mengizinkan migran terampil dan pengaturan perjalanan bebas karantina hingga travel bubble dengan negara-negara tertentu seperti Selandia Baru.

Kerugian pariwisata internasional dan domestik sejak awal pandemi mencapai 101,7 miliar dolar Australia, menurut badan pemerintah Tourism Research Australia. Pengeluaran perjalanan internasional di Australia turun dari 44,6 miliar dolar Australia pada tahun keuangan 2018-19 menjadi 1,3 miliar dolar Australia pada 2020-21.

Saham-saham terkait pariwisata melonjak karena investor menyambut prospek kembalinya pertumbuhan laba. Saham maskapai utama negara itu Qantas Airways Ltd (QAN.AX) melonjak 5 persen sementara saham agen perjalanan Flight Center Travel Group Ltd (FLT.AX) melonjak 8 persen. CEO Qantas Alan Joyce mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan tengah melihat jadwal penerbangan untuk menentukan cara memulai kembali penerbangan dari lebih banyak lokasi internasional dengan segera.

Seperti negara lain di dunia, kasus Covid Australia telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir karena varian omikron. Namun dengan lebih dari sembilan dari 10 warga Australia berusia di atas 16 tahun yang divaksinasi penuh, kasus-kasus baru dan rawat inap tampaknya melambat.

Negara itu melaporkan lebih dari 23 ribu infeksi baru pada Senin (7/2). Ini adalah yang terendah untuk 2022 dan jauh dari puncak 150 ribu kasus sekitar sebulan yang lalu.

Sementara itu Morrison mengatakan pemerintah akan mengirim hingga 1.700 personel Angkatan Pertahanan Australia untuk mengisi kekurangan staf di sektor perawatan lanjut usia. Ini dilakukan menyusul keluhan kekurangan staf dan kelelahan karena meningkatnya tekanan yang dibawa oleh pandemi.

Sekitar 2,4 juta kasus telah tercatat di Australia sejak kasus SARS-CoV-2 varian omikron pertama terdeteksi di Australia pada November. Sampai saat itu, Australia hanya menghitung sekitar 200 ribu kasus. Total kematian mencapai 4.248 sejak pandemi melanda negara tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement