Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fitria Ana

Wisata Murah Jogja Ala Backpacker Ini Tips yang Bisa Dilakukan

Wisata | Monday, 07 Feb 2022, 23:58 WIB
Pantai Pok Tunggal - Salah Satu Tempat Wisata dengan Tiket Masuk Murah di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa yang sangat populer untuk berwisata di Indonesia. Panorama alam yang menakjubkan, kesenian dan budaya, bangunan bersejarah, keramahan masyarakatnya, hingga kulinernya membuat siapa pun yang datang ke Jogja ingin segera kembali lagi untuk menikmati segala keindahan yang ditawarkannya. Para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal semuanya menyukai liburan Jogja, tak terkecuali backpacker yang juga sangat menyukai liburan di Jogja.

Banyaknya tempat penginapan yang murah dan tempat wisata populer gratis seperti tugu Jogja dan Jalan Malioboro di pusat Kota Jogja membuat para backpacker semakin berminat mengunjungi Jogja. Untuk kamu yang ingin menikmati suasana Jogja ala backpacker berikut kami berikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat liburan di sana.

Menuju Jogja

Kereta Api - Alat Transportasi Terjangkau ke Jogja

Bagi yang awal perjalanan dari Pulau Jawa kamu bisa menggunakan kereta api ekonomi, karena selain tiketnya relatif murah kereta api juga merupakan alat transportasi yang tepat waktu dan anti kemacetan. Dengan menghemat perjalanan menuju Jogja tentu sudah bisa mengurangi pengeluaran dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Untuk kenyamanan bertransportasi dengan kereta api ekonomi jangan diragukan karena PT KAI telah meningkatkan pelayanannya.

Alat Transportasi Saat di Kota Jogja

Sesampainya di Jogja kamu tentu membutuhkan kendaraan untuk menuju tempat peristirahatan atau menuju berbagai tempat wisata yang ada di Jogja. Jika di Jakarta ada Trans Jakarta untuk berkeliling dengan nyaman di Jakarta, maka di Jogja kamu juga bisa menemukan Trans Jogja umtuk berkeliling ke berbagai lokasi tujuan di Kota Jogja, dengan menggunakan Trans Jogja kamu juga sudah menghemat pengeluaran dalam hal transportasi. Biaya untuk naik Trans Jogja adalah sekitar Rp 3.500.

Jika kamu ingin berkeliling dengan jarak yang cukup dekat dari satu lokasi ke lokasi lain, tidak ada salahnya untuk berjalanan kaki sambil mengenal masyarakat setempat yang terkenal ramah. Tenang saja untuk kenyamanan berjalan kaki karena Jogja adalah kota yang nyaman bagi para wisatawan.

Alternatif Transportasi

Jika kamu ingin bebas berkeliling Jogja dan menuju ke lokasi yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja, kami sarankan untuk menyewa sepeda motor. Dengan menggunakan sepeda motor kamu bisa bebas ke tempat-tempat yang tidak dilalui transportasi umum terutama Trans Jogja dan bebas memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi. Selain itu kamu bebas berhenti di mana saja entah itu berhenti untuk mampir ke warung atau sekedar ke konter membeli pulsa atau paket data.

Biaya penyewaan sepeda motor sangat bervariasi dari yang harga murah hingga yang agak mahal. Tentunya biaya tersebut tergantung dari jenis sepeda motor yang disewa, tahun perakitan dan berapa lama waktu penyewaan. Pastikan kamu menyewa sepeda motor yang cocok untuk berkeliling ke tempat-tempat yang akan kamu tuju agar nyaman selama di perjalanan.

Tempat Bermalam

Berlibur di Jogja kamu tidak perlu khawatir dengan masalah penginapan yang murah karena di sini banyak sekali penginapan yang bisa kamu sewa dengan harga terjangkau namun masih sangat layak dan bisa tidur nyenyak. Banyak yang menawarkan hotel dan homestay berharga murah di sekitar jalan Sosrowijayan sekitar Malioboro.

Harga yang ditawarkan pada setiap tempat penginapan berbeda-beda tergantung dari fasilitas yang ada, umumnya adalah kisaran 200.000 ke bawah. Penginapan seperti homestay juga bisa digunakan untuk satu rombongan lho jadi bisa semakin hemat deh...

Tempat Wisata Murah Jogja

Berwisata ke Jogja dan mencari tempat wisata yang instagramable tentu tidak akan susah, bahkan banyak dari tempat wisata tersebut yang memiliki tiket masuk murah bahkan ada yang gratis seperti Jalan Malioboro dan Tugu Jogja. Selain itu banyak juga pilihannya dari wisata kota, budaya, sejarah, apalagi wisata alam yang banyak tersebar di Jogja seperti wisata pantai, goa, air terjun, dan tebing.

Kamu bisa berkunjung ke Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Taman Sari, Tebing Breksi, Jurang Tembelan, Air Terjun Sri Gethuk, Hutan Mangrove Kulon Progo, Kebun Teh Nglinggo, Hutan Pinus Mangunan, dan lain sebagainya. Pokoknya kamu tidak akan habis tempat wisata murah di Jogja.

Kuliner Murah

Setelah berkunjung ke wisata yang ada di Jogja, tentu kamu pasti ingin mencari tempat untuk melepas dahaga dan lapar. Untuk mencari yang berharga murah di Jogja kamu tidak akan sulit karena banyak sekali yang menjual kuliner murah, bagi para backpacker yang berhemat, sebaiknya membeli makanan di luar Malioboro karena harganya di sini cukup mahal. Kamu bisa memilih angkringan atau warteg yang banyak di pinggir jalan.

Saat pagi hari dan kamu memilih homestay sebagai penginapan biasanya akan ada yang jualan sarapan keliling, kamu bisa membeli di sini karena harganya sangat terjangkau, dibawah 10.000 kamu sudah bisa menikmati masakan yang lezat.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berwisata ala backpacker yang hemat biaya namun tetap sangat berkesan dan sangat mengasyikan. Sudah siap untuk wisata ke Jogja?

Baca Selengkapnya di Puisee.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image