Rabu 09 Feb 2022 03:50 WIB

Inggris Kirim 350 Tentara Baru ke Polandia di Tengah Krisis Rusia

Inggris akan memperkuat sayap timur NATO

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

LONDON -- Pemerintah Inggris pada Senin mengumumkan pengerahan 350 tentara tambahan ke Polandia untuk memperkuat pertahanan sisi timur NATO di tengah meningkatnya ketegangan dengan Rusia.

Pada konferensi pers dengan sejawatnya dari Polandia Mariusz Blaszczak, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace menekankan dukungan Inggris untuk pemerintah Polandia dalam menghadapi sikap militer Rusia yang semakin agresif.

“Dalam semangat solidaritas dan membantu berbagi tantangan ketahanan satu sama lain, kami akan menambah 100 Insinyur negara itu dengan mengirimkan 350 tentara Inggris lagi ke Polandia untuk menunjukkan bahwa kami dapat bekerja sama dan mengirim sinyal kuat bahwa Inggris dan Polandia berdampingan,” kata Wallace.

Blaszczak mengungkapkan terima kasih atas bantuan pasukan, dan mengatakan mereka akan "bekerja sama dengan militer Polandia untuk meningkatkan keamanan terutama terhadap ancaman di perbatasan."

Sekitar 100 tentara yang sudah berada di Polandia dikerahkan di sana untuk membantu krisis migran dalam beberapa tahun terakhir.

Inggris telah berupaya menyelesaikan krisis Ukraina yang berkembang, di mana Perdana Menteri Boris Johnson berkunjung ke sana dan mengadakan konferensi pers dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dua minggu lalu dan Menteri Luar Negeri Liz Truss siap mengunjungi ibu kota Kyiv dalam beberapa hari mendatang.

Para pejabat NATO telah meyakinkan Moskow bahwa mereka tidak berniat memperluas lebih jauh ke timur dan telah meminta Presiden Vladimir Putin untuk menarik pasukannya dari Ukraina Timur untuk mencegah Eropa tergelincir kembali ke dalam konflik.

"Rusia telah menyatakan keprihatinan tentang potensi agresi NATO, tetapi kami telah jelas bahwa kekhawatiran itu pada dasarnya tidak berdasar karena NATO adalah aliansi pertahanan di jantungnya," kata juru bicara pemerintah Inggris.

“Tetapi kami ingin bekerja dengan Rusia untuk memberikan jaminan diplomatik di bidang itu. Ini bukan tentang membuat konsesi seperti yang dikatakan PM dan para pemimpin Barat lainnya bahwa semua negara demokrasi Eropa memiliki hak untuk bergabung dengan NATO,” tambah dia.

Moskow telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasannya dengan Ukraina. Itu juga telah mengerahkan pasukan di Krimea di selatan dan Belarus di utara.

Putin telah menyebut manuver semacam itu sebagai latihan militer dan membantah klaim invasi Rusia tetapi telah memperingatkan NATO terhadap ekspansi lebih lanjut dalam apa yang dilihatnya sebagai wilayah pengaruhnya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/inggris-kirim-350-tentara-baru-ke-polandia-di-tengah-krisis-dengan-rusia/2496556
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement