Selasa 08 Feb 2022 16:25 WIB

Layanan Kesehatan Mustahik Baznas Terus Berjalan

Baznas bergerak cepat agar layanan kesehatan gratis fakir miskin lancar

Rep: rossi handayani/ Red: Hiru Muhammad
Layanan kesehatan Baznas kepada mustahik tetap berjalan, meskipun sebelumnya kebakaran melanda Klinik Layanan Gratis Fakir Miskin Baznas pada Senin malam (7/2)
Foto: istimewa
Layanan kesehatan Baznas kepada mustahik tetap berjalan, meskipun sebelumnya kebakaran melanda Klinik Layanan Gratis Fakir Miskin Baznas pada Senin malam (7/2)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran yang melanda Klinik Layanan Gratis Fakir Miskin Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada Senin malam (7/2) tak membuat layanan kesehatan kepada mustahik terhenti. Wakil Ketua Baznas, Mo Mahdum menyebut Baznas bergerak cepat mengupayakan agar layanan kesehatan para mustahik bisa kembali normal. 

"Baznas bergerak cepat agar pelayanan kesehatan gratis kepada fakir miskin terus berjalan maksimal. Kami mengupayakan lokasi sementara untuk beroperasi yakni di lobby Klinik Layanan Kesehatan Gratis Rumah Sehat Baznas. Kami berharap pelayanan kesehatan bisa terus berjalan," kata Mahdum, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika pada Selasa (8/2). 

Baca Juga

Mahdum melanjutkan, hingga kini proses pembersihan terus dilakukan tim terkait, diupayakan dalam beberapa hari ke depan gedung bagian dalam kembali bisa digunakan mengingat hanya lantai empat yang terbakar. 

Menurut Mahdum, kesehatan gratis kepada fakir miskin harus diutamakan, dan dicari solusinya segera sebagai bentuk komitmen Baznas dalam melayani umat di berbagai aspek, termasuk kesehatan. Setiap harinya, Klinik Gratis Fakir Miskin Rumah Sehat Baznas ini memberikan layanan gratis bagi 40 hingga 60 pasien dari keluarga fakir miskin.

"Api melahap lantai empat gedung Layanan Klinik Gratis Fakir Miskin Baznas. Di sana ada berbagai alat kesehatan dan obat-obatan. Lantai satu dan dua aman dari api. Solusi terbaik terus kami upayakan sejak malam tadi agar krisis ini tidak berkepanjangan," kata Mahdum."Pada intinya fokus utama Baznas adalah bagaimana fakir miskin tetap bisa terlayani dengan baik dari sisi kesehatannya," lanjutnya.

Kebakaran melahap lantai empat Klinik Gratis Fakir Miskin Baznas yang biasa melayani kesehatan para masyarakat fakir miskin. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sebanyak empat orang petugas yang berjaga dapat diselamatkan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Petugas damkar sigap melakukan pemadaman sehingga api tidak menjalar ke tempat lain. Yang terbakar di lantai empat Sementara untuk lantai satu, dua, tiga dan lima tidak terbakar. Baznas Tanggap Bencana turut memberikan bantuan untuk mengevakuasi korban," kata Tim penyelamat dari Baznas Tanggap Bencana, Dede Nurjaman di lokasi kejadian.

Lantai empat Klinik Gratis Fakir Miskin Baznas ini digunakan sebagai lokasi pemberian layanan kesehatan gratis selama 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement