Selasa 08 Feb 2022 22:59 WIB

Kue Kering Bisa Hambat Proses Penurunan Berat Badan

Kue kering merupakan karbohidrat olahan yang bisa menambah berat badan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kue kering merupakan karbohidrat olahan yang bisa menambah berat badan.
Foto: Boldsky
Kue kering merupakan karbohidrat olahan yang bisa menambah berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun tidak ada makanan yang benar-benar dilarang dalam diet (pola makan) seimbang, ada korelasi langsung antara makanan tertentu (terutama bila dikonsumsi pada waktu tertentu) dan penambahan berat badan. Salah satunya adalah menu sarapan umum yang mungkin cenderung dinikmati sebagai suguhan tengah hari, yaitu kue kering.

Ini hampir pasti akan memperlambat kemajuan penurunan berat badan, para ahli kesehatan memperingatkan. Ahli nutrisi bersertifikat, Lisa Richards mengatakan, kue kering alias karbohidrat olahan, serta donat dan kue dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena beberapa alasan.

Baca Juga

Pelatih kebugaran dan pendiri Burn and Blast Training, Ronnie Lubischer mengatakan hal itu bukan hanya karena kandungan kalorinya yang tinggi. Beberapa kue kering ini memiliki 400 kalori, dan 50-100 gram gula.

“Mereka menciptakan reaksi glukosa dan insulin yang mendukung penyimpanan lemak dan akhirnya mengarah pada penambahan berat badan," kata Lubischer dilansir She Finds, Selasa (8/2/2022).

Dokter bersertifikat dewan di bidang penyakit dalam, nutrisi medis, dan pengobatan obesitas dan mitra Nucific, Amy Lee mengatakan menghindari kudapan seperti itu karena kandungan glikemiknya yang tinggi.

Richards mengatakan reaksi ini juga meningkatkan kemungkinan jatuhnya glukosa, yang membuat individu lapar lagi segera setelah makan, bersama dengan kondisi lekas marah dan kelelahan. Ini memulai siklus makan berlebihan yang sulit dihilangkan pada sore hari, ketika lelah dan lapar. Lee sependapat dengan mengatakan seseorang mungkin mendapati dirinya menginginkan lebih banyak makanan pada dini hari, yang mengakibatkan makan lebih banyak kalori tanpa alasan.

Mengapa kue kering sangat menghalangi tujuan penurunan berat badan setelah tengah hari? Para ahli mengataka bahwa komponen waktu juga penting. 

"Apa yang Anda makan di sore hari sangat menentukan sisa hari Anda dalam hal diet dan energi," ujar Richards.

Richards menjelaskan bahwa ketika Anda mengisi bahan bakar diri dengan makanan yang mengakibatkan jatuhnya glukosa dan kelaparan, maka Anda menyiapkan diri untuk makan berlebihan dan penambahan berat badan. Jadi, apa yang harus Anda makan sebagai gantinya? Yang terbaik adalah tetap mengonsumsi karbohidrat kompleks, daging tanpa lemak, dan lemak sehat untuk makan siang dan camilan sore

"Ini akan mengatur pola (makan) untuk sisa hari itu menuju pilihan makanan yang lebih sehat dan seimbang,” kata Richards.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement