Rabu 09 Feb 2022 13:16 WIB

Pemilik Hyundai dan Kia Disarankan Parkir Luar dan Jauh dari Kendaraan Lain

Pemilik Hyundai dan Kia yang di-recall di AS memiliki risiko kebakaran.

Produsen mobil Korea Selatan Hyundai dan Kia menyarankan pemilik 484.000 kendaraan AS untuk parkir di luar dan jauh dari kendaraan lain karena risiko kebakaran.
Foto: Flickr
Produsen mobil Korea Selatan Hyundai dan Kia menyarankan pemilik 484.000 kendaraan AS untuk parkir di luar dan jauh dari kendaraan lain karena risiko kebakaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil Korea Selatan Hyundai dan Kia menyarankan pemilik 484.000 kendaraan AS untuk parkir di luar dan jauh dari kendaraan lain karena risiko kebakaran. Imbauan diberikan sampai mereka menyelesaikan perbaikan pada penarikan baru. 

Dikutip Reuters, Rabu (9/2/2022), Hyundai Motor Co dan afiliasinya Kia Corp mengumumkan penarikan terpisah di AS karena modul Unit Kontrol Elektronik Hidrolik (HECU) dapat mengalami malfungsi dan menyebabkan korsleting listrik. Hal ini dapat mengakibatkan kebakaran kompartemen mesin.

Baca Juga

Diler akan memasang sekering baru pada papan sirkuit untuk mengatasi risiko kebakaran. Penarikan baru mencakup beberapa kendaraan Kia Sportage 2014-2016, Kia K900 2016-2018, dan Hyundai Santa Fe 2016-2018.

Pemilik harus memarkir kendaraan di luar ruangan dan jauh dari kendaraan atau bangunan lain, bahkan jika kendaraan dimatikan. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) mendesak pemilik untuk mengikuti saran pembuat mobil.

"Produsen percaya komponen listrik dalam sistem rem anti-lock mungkin mengalami korsleting listrik internal yang dapat meningkatkan risiko kebakaran baik saat kendaraan sedang dikendarai atau diparkir," kata kedua perusahaan.

"Penarikan tersebut mencakup 126.747 kendaraan Kia dan 357.830 kendaraan Hyundai. Tidak ada laporan cedera tetapi total 11 laporan kebakaran," lanut pernyataan tersebut.

Produsen mobil Korea telah mengeluarkan dan memperluas beberapa penarikan dalam beberapa tahun terakhir untuk risiko kebakaran. Pada bulan November, NHTSA mengeluarkan hadiah pertama kalinya kepada pelapor, memberikan lebih dari 24 juta dollar AS kepada mantan karyawan Hyundai yang melaporkan ke NHTSA pada tahun 2016 bahwa Hyundai gagal mengatasi cacat desain yang terkait dengan mesin Theta II-nya, yang rentan terbakar.

Pada tahun 2020, unit Hyundai dan Kia AS menyetujui rekor denda perdata 210 juta dollar AS setelah NHTSA mengatakan mereka gagal menarik kendaraan karena masalah mesin secara tepat waktu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement