Rabu 09 Feb 2022 13:21 WIB

Mubes IKA Unhas 2022 Siap Digelar Cari Pengganti JK

Lewat Mubes, IKA Unhas akan mencari pengganti Jusuf Kalla sebagai ketua umum.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Sebagian panitia persiapan Mubes IKA Unhas melakukan rapat persiapan, Selasa (8/2/2022) di Jakarta.
Foto: Istimewa
Sebagian panitia persiapan Mubes IKA Unhas melakukan rapat persiapan, Selasa (8/2/2022) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Steering Commitee (SC) Musyawarah Besar Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Mubes IKA Unhas) 2022 menyatakan telah siap menggelar kegiatan pada 4 hingga 6 Maret 2022 mendatang di Makassar. Lewat Mubes, IKA Unhas akan mencari pengganti Jusuf Kalla (JK) sebagai ketua umum.

“Kami telah mengesahkan dan menetapkan kriteria peserta resmi Mubes IKA Unhas mendatang. Di mana ada peserta pemilik suara, ada juga peserta peninjau tapi tidak memiliki hak suara," ungkap Ketua SC Mubes IKA Unhas, Muchlis Patahna, dalam siaran persnya Rabu (9/1/2022).

Baca Juga

SC Mubes IKA Unhas 2022 secara resmi telah mengesahkan persyaratan dan kriteria peserta pemilik suara atau yang disebut sebagai peserta penuh dengan sistem pemilihan proporsional. Itu sebagaimana yang diatur dalam peraturan organisasi (PO) sebagaimana turunan dari AD/ART yang telah disepakati sebelumnya.

Pengesahan tersebut dilakukan dalam rapat SC di Jakarta, Selasa (8/2/2022) yang dilaksanakan secara daring. Sebagian anggota SC hadir secara daring karena berada di Makassar, termasuk juga anggota Organizing Committee (OC) perhelatan akbar para alumni Unhas yang jumlahnya mencapai ratusan ribu.

Selain itu, juga ada penyempurnaan mengenai tata tertib, peraturan organisasi, kemudian mekanisme pemilihan dan sebagainya. "Bahkan kami pun mengakomodir untuk mengundang perwakilan IKA jurusan, departemen atau program studi sehingga seluruh alumni merasa dilibatkan dalam kegaiatan dari alumni untuk alumni ini,” ujar Muchlis.

Selama ini, lanjut Muchlis, banyak aspirasi dan tuntutan yang berkembang di kalangan alumni. Ini perlu diperjelas apakah setiap alumni punya hak suara untuk menentukan jalannya organisasi termasuk menentukan Ketua Umum IKA Unhas pengganti JK.

Berdasarkan hitung-hitungan SC, Muchlis mengatakan, dengan data alumni yang didapat dari pihak Direktorat Alumni Unhas, diperkirakan ada sekitar 120 peserta pemilik suara atau peserta penuh. Mereka antara lain dari unsur pengurus pusat IKA Unhas, IKA Fakultas, IKA wilayah/cabang, dan badan otonom.

Pelaksanaan Mubes IKA Unhas 2022 dipastikan berlangsung pada 4 sampai 6 Maret 2022 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jadwal itu didapatkan setelah pengurus pusat memberikan mandat kepada Muchlis sebagai ketua SC, yang ditandatangani JK sebagai ketua umum dan Husain Abdullah sebagai sekretaris.

Ia mengibaratkan mubes sebagai sebuah restoran yang menunya sudah siap. “Tinggal disajikan di tempat yang pas, sehingga nyaman di makan tamu, para tokoh,” tutur dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement