Rabu 09 Feb 2022 21:13 WIB

GoPay dan BEI Edukasi 16 Juta Orang via Program FinanSiap

Meningkatnya jumlah investor membuat tanggung jawab BEI makin besar untuk mengedukasi

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Aplikasi Gopay. Gopay dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengedukasi 16 juta orang soal keuangan dan investasi melalui Program FinanSiap.
Aplikasi Gopay. Gopay dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengedukasi 16 juta orang soal keuangan dan investasi melalui Program FinanSiap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gopay dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengedukasi 16 juta orang soal keuangan dan investasi melalui Program FinanSiap yang berlangsung sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dalam keterangan di Jakarta, Rabu (9/2/2022), mengatakan, pada akhir 2021, BEI mencatat ada hampir 7,5 juta investor baru pasar modal. Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga

Dengan meningkatnya jumlah investor tersebut, lanjut Hasan, semakin besar pula tanggung jawab BEI untuk mengedukasi masyarakat agar dapat berinvestasi secara cerdas dan cermat. Kata Hasan, sebanyak 16 juta orang yang dapat BEI edukasi bersama GoPay, Gojek, serta Tokopedia melalui program FinanSiap ini menjadi pencapaian baik bagi BEI serta pemangku kepentingan pasar modal Indonesia.

"Kami sangat antusias untuk menyambut potensi kerja sama dengan berbagai pihak lainnya di masa depan," ujar Hasan.

Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria menjelaskan, GoPay, sebagai bagian dari ekosistem GoTo, berkomitmen untuk memperluas fungsinya. Tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga sebagai sarana yang membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansialnya. Sejak dimulai beberapa bulan silam, GoPay telah melihat antusiasme dari masyarakat dalam mengakses materi edukasi keuangan FinanSiap.

Edukasi ini tidak terbatas bagi masyarakat pada umumnya, tapi juga GoPay tujukan bagi mitra usaha yang sudah tergabung dalam GoTo Financial & Tokopedia Seller.

"Kami berharap materi-materi ini menginspirasi mereka untuk bisa memegang kendali atas keuangan pribadinya serta merencanakan keuangan mereka di masa depan," ujar Fibriyani.

Berbagai sesi FinanSiap juga menunjukkan ketertarikan masyarakat dalam kegiatan yang meningkatkan literasi keuangan. Lewat survei partisipan yang telah dilakukan di antaranya, rata-rata lebih dari 70 persen responden meyakini FinanSiap telah menginspirasi mereka untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Selain itu, rata-rata lebih dari 70 persen tertarik untuk mengikuti sesi-sesi FinanSiap di kemudian hari.

Selain itu, responden juga menyatakan ketertarikan mereka terhadap beberapa topik. Seperti pengelolaan keuangan pribadi, pemilihan investasi bagi pemula, analisis keuangan, hingga berinvestasi melalui pasar modal.

"Ke depannya, kami berharap dapat terus mendukung masyarakat mencapai tujuan finansialnya melalui pemanfaatan GoPay, termasuk lewat edukasi keuangan yang disajikan melalui FinanSiap," kata Fibriyani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement