Kamis 10 Feb 2022 19:42 WIB

Studio Game Libatkan Hingga 130 Juta Pemain untuk Peduli Lingkungan

Para pemain diberdayakan untuk peduli lingkungan, salah satunya penanaman pohon.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Para pemain Studio Game diberdayakan untuk peduli lingkungan, salah satunya penanaman pohon.
Foto: www.pxhere.com
Para pemain Studio Game diberdayakan untuk peduli lingkungan, salah satunya penanaman pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis laporan tahunan Playing for the Planet yang menunjukkan studio game semakin serius mendukung penyebab perubahan iklim. Lebih dari 32 studio game kini telah bergabung dengan Playing for the Planet Alliance yang difasilitasi oleh Program Lingkungan PBB (UNEP).

Menurut laporan dampak tahunan, studio game telah memungkinkan penanaman lebih dari satu juta pohon dan melibatkan 130 juta pemain dalam tema yang berkaitan dengan lingkungan. Laporan tersebut menunjukkan kemajuan yang telah dibuat industri game dalam dekarbonisasi dan aktivitas hijau.

Baca Juga

Pada tahun 2021, The Green Game Jam yang menyatukan nama-nama besar dalam video game di PC, seluler, dan konsol mendidik dan memberdayakan jutaan pemain untuk lebih peduli pada kondisi lingkungan dengan 30 studio yang bergabung.

Hal itu menyebabkan 266 ribu pohon ditanam, dana masuk 800 ribu dolar Amerika, dan melibatkan sekitar 130 juta pemain berkontribusi dalam isu laut dan hutan untuk mendukung program PBB REDD, yaitu upaya negara berkembang yang mampu mengurangi emisi gas rumah kaca yang ebrasal dari deforestasi dan degradasi hutan.

Sebanyak 80 persen dari mereka menanggapi secara positif upaya tersebut. Selain itu, 60 persen anggota Playing for the Planet telah berkomitmen untuk menjadi nol bersih atau negatif karbon pada tahun 2030 dengan upaya lebih lanjut pada target yang ditetapkan untuk tahun 2022.

Pada tahun 2021, ada tujuh studio game yang bergabung dan total anggota menjadi 32. Kepala Pemuda, Pendidikan, dan Advokasi UNEP Sam Barrat mengatakan industri video game merupakan anggota baru dalam perlombaan untuk mewujudkan planet nol bersih dan alam yang positif. 

“Pekerjaan yang dilakukan Playing for the Planet Alliance pada tahun 2021 sangat mengesankan,” kata Barrat.

Berdasarkan data baru tentang konsumsi daya dari jumlah energi yang digunakan perangkat seluler dalam gameplay memperbarui angka dari 10 tahun yang lalu sehingga studio dapat menghitung jejak karbon mereka dengan lebih akurat. Laporan tersebut juga menguraikan tujuan yang akan diambil aliansi pada tahun 2022 yang akan menguraikan panduan bagi industri tentang cara mengurangi emisi.

Dikutip Venture Beat, Kamis (10/2/2022), tema Green Game Jam 2022 adalah tentang Hutan, Pangan, dan Masa Depan. Jam bertujuan melampaui jumlah peserta sebelumnya dan meningkatkan jangkauan. Lebih dari 36 studio telah mendaftar dengan lebih banyak lagi studio yang akan bergabung dalam beberapa pekan mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement