Pengacara Prancis Menyerang UE Karena Poster yang Menampilkan Wanita Muslim

Agama  
Iklan UE untuk konsultasi Konferensi tentang Masa Depan Eropa menampilkan seruan bagi warga blok untuk 'membuat suara Anda didengar' [File: Uni Eropa 2021 – EP/Kenton Thatcher]
Iklan UE untuk konsultasi Konferensi tentang Masa Depan Eropa menampilkan seruan bagi warga blok untuk 'membuat suara Anda didengar' [File: Uni Eropa 2021 – EP/Kenton Thatcher]

Seorang pengacara Prancis telah mengkritik Uni Eropa atas iklan untuk acara Konferensi Masa Depan Eropa yang menampilkan seorang wanita Muslim berhijab.

Thibault de Montbrial, seorang penasihat calon presiden sayap kanan Prancis Valerie Pecresse, mengatakan penggunaan gambar seperti itu untuk menggambarkan masa depan benua membuatnya "tidak bisa berkata-kata".

Jilbab adalah jilbab yang dikenakan oleh beberapa wanita Muslim dan telah menjadi subyek perselisihan selama beberapa dekade di Prancis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Ikhwanul Muslimin tidak berani memimpikannya, para idiot yang berguna melakukannya. Untuk bagian saya, saya akan berjuang dengan sekuat tenaga untuk menghindari masa depan seperti itu bagi Eropa,” cuit de Montbrial pada hari Rabu lalu (9/2/2020), mengutip kelompok politik yang didirikan di Mesir hampir seabad yang lalu.

Populasi Muslim itu minoritas Prancis,. Namun dengan jumlah populasinya  sekitar 5,7 juta orang adalah yang terbesar di Eropa [File: Gonzalo Fuentes/Reuters]
Populasi Muslim itu minoritas Prancis,. Namun dengan jumlah populasinya sekitar 5,7 juta orang adalah yang terbesar di Eropa [File: Gonzalo Fuentes/Reuters]

Terjemahan: “Pilihan seorang wanita bercadar untuk mengilustrasikan konferensi 'tentang masa depan Eropa' membuat Anda tidak bisa berkata-kata. Ikhwanul Muslimin tidak berani memimpikannya, para idiot yang berguna melakukannya. Bagi saya, saya akan berjuang dengan sekuat tenaga untuk menghindari masa depan seperti itu untuk #Eropa. #Islamisme”

Seperti dilansir Aljazeera.com, poster untuk acara yang sedang berlangsung, yang memberi warga UE kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka tentang kemungkinan reformasi kebijakan dan institusi blok tersebut, termasuk seruan untuk "membuat suara Anda didengar" dan menyatakan "masa depan ada di tangan Anda".

Menanggapi ledakan de Montbrial, Mehreen Khan, koresponden Uni Eropa untuk surat kabar Financial Times, mengatakan blok itu "sekali lagi dituduh sebagai plot Islamis klandestin yang didalangi oleh 'Ikhwanul Muslimin' karena ada seorang wanita Muslim di poster" .

Khan menyoroti pernyataan yang dibuat oleh reporter Prancis Jean Quatremer, yang mengklaim ada “hubungan” yang diketahui antara Komisi Eropa – badan eksekutif blok tersebut – dan Ikhwanul Muslimin.

“Tapi tidak ada yang berubah, karena UE semakin tidak demokratis,” cuit Quatremer, koresponden Eropa untuk surat kabar Libération Prancis.

Khan membuat perbandingan antara komentar itu dan kampanye anti-imigrasi, pro-Brexit yang dilancarkan oleh beberapa politisi Inggris pada tahun 2016.

“Untuk semua orang yang menyesali rasisme bagian dari kampanye Cuti Brexit, pada tahun 2022 tampaknya media serius dari negara terbesar UE menganggap Brussel sebagai konspirasi Islam busuk karena ada wanita kulit coklat di beberapa arsip foto stok UE,” tweetnya.

Perselisihan media sosial menempatkan perlakuan Prancis terhadap populasi Muslim minoritas – terbesar di Eropa – kembali menjadi sorotan menjelang pemilihan presiden negara itu pada bulan April.

Bulan lalu, Senat Prancis mendukung pelarangan hijab dalam kompetisi olahraga.

Langkah itu dilakukan setahun setelah legislator di majelis rendah Parlemen Prancis menyetujui apa yang disebut RUU "separatisme" untuk memperkuat pengawasan masjid, sekolah, dan klub olahraga dalam upaya untuk melindungi Prancis dari "Islam radikal" dan mempromosikan "penghormatan terhadap nilai-nilai Prancis. ” – salah satu proyek penting Presiden Emmanuel Macron.

Secara resmi dikenal sebagai hukum Memperkuat Prinsip Republik, Paris mengatakan undang-undang yang sekarang diabadikan secara hukum akan mendukung sistem sekuler Prancis.

Kritikus berpendapat bahwa itu secara tidak adil memilih Muslim.

sumber: Aljazeera.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image