Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Komposisi Pada Bahan Baku Pakan Ternak yang Harus Diperhatikan

Bisnis | Saturday, 12 Feb 2022, 07:54 WIB

Bahan baku pakan ternak perlu dilihat komposisinya. Pakan ternak sendiri mempunyai arti yaitu segala sesuatu yang bisa diberikan kepada ternak seperti pakan anorganik maupun organik. Pentingnya pemberian pakan dengan jumlah dan kualitas yang bagus bisa meningkatkan produksi dari hewan ternak.

Bahan baku pakan juga harus bebas dari bahan toksik, supaya tidak membahayakan bagi hewan ternak ataupun konsumen yang mengkonsumsi hewan ternak tersebut. Bahan baku pakan terdiri dari berbagai komposisi, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jerami dan Hijauan Kering

Komposisi bahan baku pakan ternak yang pertama adalah jerami dan hijauan kering. Jerami dan hijauan kering terdiri atas seluruh dedaunan, rumput dan juga jerami yang telah dipotong dan dirawat.

Jerami dan hijauan kering ini kemudian ditambahkan dengan bahan lain yang terkandung serat kasar lebih dari 18%. Komposisi bahan yang tepat ini diperlukan guna membuat pakan ternak yang baik.

2. Pastura, Tanaman Padangan dan Hijauan Segar

Komposisi bahan baku pakan selanjutnya adalah hijauan segar, pastura dan tanaman padangan. Komposisi ini merupakan seluruh tanaman yang sudah dipotong dan diberikan kepada hewan ternak di dalam bentuk yang segar.

3. Silase

Komposisi bahan baku pakan berikutnya adalah silase. Silase hijauan berupa tanaman jagung dan rumput. Namun tidak tergolong ke dalam silase biji-bijian, umbi dan ikan. Silase penting untuk dicampurkan guna membentuk pakan ternak yang bergizi.

Silase merupakan bahan pakan yang mempunyai kadar air tinggi berasal dari hasil fermentasi. Silase biasanya terbuat dari tanaman rerumputan seperti jagung, sorgum dan serealia. Silase juga bisa dibuat dari hijauan kelapa.

4. Sumber Energi

Komposisi bahan baku pakan ternak yang keempat adalah sumber energi. Sumber energi untuk bahan pakan adalah bekatul, sorgum, molases, gaplek dan lain sebagainya.

Sumber energi penting untuk ditambahkan di dalam pakan ternak karena dibutuhkan sebagai pasokan sumber tenaga bagi hewan ternak.

5. Energi Protein

Komposisi bahan pakan yang kelima adalah energi protein. Yang termasuk ke dalam energi protein adalah pakan yang terdapat kandungan serat kasar 18% dan jumlah protein kurang dari 20%.

Sumber protein untuk bahan pakan adalah bungkil kacang tanah, tepung darah, bungkil kedelai, tepung daun turi, tepung bekicot, tepung ikan. Sumber protein penting ditambahkan untuk memenuhi kadar protein bagi hewan ternak.

6. Energi Mineral

Komposisi bahan pakan selanjutnya adalah energi mineral. Sumber mineral untuk bahan pakan adalah tepung batu kapur, garam dapur, premix dan lain sebagainya.

Sangat penting untuk ditambahkan ke dalam bahan pakan ternak agar kadar mineral di dalam tubuh hewan ternak terpenuhi.

BACA JUGA: Jenis pakan unggas terbaik

7. Sumber Vitamin

Komposisi bahan baku pakan ternak yang terakhir adalah sumber vitamin. Sumber vitamin bisa dijumpai di hampir seluruh bahan pakan ternak, baik pakan nabati maupun hewani dengan kandungannya yang beragam.

Kandungan sejumlah vitamin ini bergantung dari kandungan dalam masing-masing pakan dikarenakan proses yang berbeda. Konsentrasi vitamin dan mineral sangat dipengaruhi oleh perlakuan semacam oksidasi, pemanasan dan penyimpanan pakan.

Tentu sangat repot bila menyiapkan satu per satu bahan baku pakan ternak. Sebaiknya tetap perhatikan unsur-unsur nutrisi yang diperlukan untuk masa pertumbuhan hewan ternak agar kebutuhannya tercukupi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image